Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 12 Jun 2022 15:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ingat Lagi Turki Ganti Nama Jadi Turkiye, Ini Alasannya

Putu Intan
detikTravel
People sit at Kugulu public garden decorated with national flags and images of Turkeys founder Mustafa Kemal Ataturk, in Ankara, Turkey, Thursday, June 2, 2022. Turkey has sent a letter to the United Nations formally requesting that the country be referred to as
Foto: AP/Burhan Ozbilici
Jakarta -

Traveler, catat ya, negara Turki berubah nama menjadi Turkiye. Keputusan ini diambil untuk mengembalikan identitas asli negara itu.

Perubahan nama Turki (Turkey) menjadi Turkiye telah disampaikan pemerintah Turki kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hal itu disampaikan di bawah perintah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Kamis (2/6/2022).

Frasa Turkiye merepresentasikan budaya, peradaban, dan nilai bangsa yang terbaik. Erdogan ingin Turkiye digunakan dalam produk dengan label made in Turkiye. Selain itu, Turkiye juga digunakan dalam bentuk komunikasi formal dan situs resmi pemerintah.

Di samping itu, Turkiye juga dianggap mampu membedakan Turki dengan burung kalkun (turkey) yang biasa disajikan dalam acara thanksgiving. Kemudian, bila merujuk pada Kamus Inggris Cambridge, Turki dapat diartikan sebagai sesuatu yang gagal atau orang yang bodoh atau konyol.

Pemerintah Turki mulai mengkampanyekan sebutan Turkiye sejak Desember 2021 pada kampanye Hello Turkiye. Akan tetapi sebenarnya orang lokal sudah menyebut negara itu sebagai Turkiye sejak 1923 setelah deklarasi kemerdekaan.

Di sisi lain, perubahan nama Turki itu juga dilihat sebagai manuver politik Erdogan yang tengah bersiap untuk menghadapi pemilu tahun 2023.

Turki sendiri merupakan destinasi wisata yang sedang naik daun bagi turis asal Indonesia. Negara itu semakin dikenal sejak ditayangkannya serial Layangan Putus yang merupakan adaptasi dari novel berjudul sama tulisan Mommy ASF.

Pada serial itu, Cappadocia menjadi tempat yang sering disebut. Tak ayal, banyak orang Indonesia tertarik datang ke sana. Apalagi paket perjalanan ke Turki juga dibanderol dengan harga miring dan syarat masuk negaranya mudah, tanpa visa.



Simak Video "Bantahan Turki Serang Lokasi Wisata Irak"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA