Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 18 Jun 2022 15:41 WIB

TRAVEL NEWS

Nyepur dan Gowes Seli: Sei Sapi, Calon Legenda Baru Restorasi

Dwi Ari Setyadi
detikTravel
Gowes seli
Foto: Dwi Ari Setyadi for detikcom
Jakarta -

Seharusnya ada maklumat yang tercantum di kemasan bahwa makanan ini menyebabkan kecanduan. Disajikan bersama daun singkong dan sambal matah, Sei Sapi adalah kandidat kuat menjadi menu legenda restorasi kereta api.

"Mohon maaf Pak, Sei Sapi baru siap sekitar setengah jam lagi. Kami masih memasak nasi goreng," kata pramugari di gerbong restorasi sesaat setelah kereta mulai beranjak menyusuri jalur rel stasiun awal keberangkatan.

Sei Sapi memang termasuk hidangan ready to cook, di masak langsung dalam perjalanan kereta.

Berbeda dengan Nasi Goreng Parahyangan, menu legendaris restorasi kereta api yang kini bisa dinikmati di hampir semua rangkaian kereta api di Indonesia, hidangan khas Nusa Tenggara Timur (NTT) itu hanya tersedia di KA Excellent seperti Argo Lawu relasi Solo Balapan - Gambir, Jakarta.

Dengan positioning produk seperti itu, kombinasi gabungan harga tiket dan makanan memang sangat mengelisahkan kaum mendang-mending. Apalagi saat weekend ketika harga karcis melambung naik menuju batas atas.

Namun, seperti adagium banyak jalan menuju Roma, selalu ada cara bijaksana untuk cermat mengatur dana.

Ada tarif khusus jarak dekat di kereta api jarak jauh, misalnya dari Solo atau Yogya ke Purwokerto di KA Argo Lawu menuju Jakarta. Harga flat di hari apapun, hanya Rp 100.000,-

Tetapi, tiket jenis ini hanya tersedia untuk pembelian langsung menjelang keberangkatan (go-show). Lewat kanal online, muncul sekitar dua jam sebelum jadwal dan dapat dibeli via KAI Acces hingga sejam sebelum kereta berangkat tergantung ketersediaan seat. Sejauh bukan weekend atau masa liburan, tiket jenis ini masih banyak bertebaran.

Seperti Minggu (5/6) pagi ini saya bisa menikmati Sei Sepi dan segelas Ini Kopi Bali di atas KA Argo Lawu, dari Solo Balapan menuju Purwokerto. Tetap hemat namun juga tetap nikmat...



Simak Video "Rayakan Agustusan! Beli Tiket Kereta Api Mulai Rp 17 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA