Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 20 Jun 2022 10:54 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Halal RI Peringkat 2 Dunia, Sandiaga Dorong Naik Tingkat

Putu Intan
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri AKI di Tasikmalaya.
Menparekraf Sandiaga Uno dalam Bincang Apresiasi di Tasikmalaya. Foto: dok. Kemenparekraf
Jakarta -

Menparekraf Sandiaga Uno mengumumkan Indonesia menempati peringkat 2 di dunia untuk wisata halal. Ia mendorong pelaku ekraf untuk makin berkembang.

Sandiaga menyampaikan hal tersebut ketika mengapresiasi program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Plaza Tasikmalaya, Sabtu (18/6/2022). Dari rilis yang diterima detikcom, AKI merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik.

Pada 2021, AKI dilangsungkan di 16 kabupaten/kota di Indonesia dan tahun ini diharapkan dapat menjangkau wilayah yang belum tersentuh/terjangkau pada tahun lalu.

"Setelah dua tahun kita mengalami pandemi COVID-19, inilah momentum untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. Saya sampaikan terima kasih kepada masyarakat Tasikmalaya yang berpartisipasi pada AKI. Saya harapkan dari ajang ini akan muncul juara-juara ekonomi kreatif yang mendunia, dengan demikian Insya Allah akan kembali tercipta lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja," ujar Sandiaga.

Dalam upaya membuat produk UMKM 'naik kelas' Sandiaga mengatakan produk kreatif ini perlu dipamerkan di mal atau pusat belanja.

"Selama menunggu produk ekonomi kreatif bisa masuk mal sehingga naik kelas, pelaku UMKM kreatif bisa memanfaatkan ruang belajar melalui bootcamp," kata dia.

Sandiaga mengaku bangga AKI 2021 berhasil lakukan terobosan luar biasa dalam menciptakan geliat ekonomi Indonesia sehingga mendapatkan penghargaan kebangkitan ekonomi kreatif. "AKI tahun ini akan menyasar daerah/wilayah yang belum terjangkau pada tahun lalu," janjinya.

Selain itu, Sandiaga berharap, kenaikan harga-harga yang terjadi saat ini dapat disolusikan dengan meningkatnya penghasilan UMKM yang masuk digitalisasi. Sandiaga menyebut beberapa platform yang telah mendukung UMKM, seperti Shopee, Gopay, Goplay dan Aplikasi Kasir.

Terkait dengan pariwisata halal, Sandiaga menyebut, tahun ini Indonesia naik 2 peringkat di posisi kedua wisata halal di dunia setelah Malaysia.

"Ini sebagai akibat kita mendukung ekosistem pariwisata halal dengan konsep tambahan layanan. Di Tasikmalaya misalnya, hari ini kita luncurkan Santri Digitalpreneur Indonesia 2022 (SDI 2022) yang antara lain bertujuan untuk memperkuat ekosistem pariwisata halal, yang nantinya akan membuka peluang dan lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandiaga.

Seiring dengan meningkatnya tren kenaikan COVID-19, Sandiaga berpesan agar semua pihak tetap waspada, melakukan booster dan taat protokol kesehatan. "Harus waspada sampai 4 minggu ke depan. Kemenkes memprediksikan COVID akan mencapai puncaknya Juli mendatang. Kalau badan tidak enak sebaiknya tinggal di rumah untuk meminimalkan potensi penularan," ujarnya.

Sandiaga juga mengajak semua pihak mendoakan momentum kebangkitan pariwisata terjaga. "Kita sedang dalam prose perbaikan pariwisata halal. Saya mencanangkan pada 2025 indeks naik 25 sehingga kita bisa mengungguli dan naik ke posisi satu dunia," pungkasnya.



Simak Video "Sandiaga Uno Terkesan dengan Cerita Film 'Ngeri-Ngeri Sedap'"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA