Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 26 Jun 2022 10:22 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Ajak Wisatawan Nikmati Keindahan Desa Wisata Buwun Sejati di Lombok

Menparekraf Ajak Wisatawan Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Desa Wisata Buwun Sejati
Foto: (dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Menparekraf Sandiaga Uno mengajak wisatawan untuk menikmati keindahan budaya dan alam di Desa Wisata Buwun Sejati. Dia juga mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

Desa Wisata Buwun Sejati merupakan salah satu desa wisata yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Lokasinya berada di Lombok Barat.

"Hari ini saya berbahagia karena desa wisata di Lombok Barat berturut-turut masuk dalam 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia. Dan kali ini kita lihat Desa Wisata Buwun Sejati memiliki panorama yang luar biasa, juga keindahan alam dan budaya serta produk ekonomi kreatif," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Buwun Sejati, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (25/6/2022).

Menparekraf Ajak Wisatawan Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Desa Wisata Buwun SejatiMenparekraf Ajak Wisatawan Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Desa Wisata Buwun Sejati Foto: (dok. Kemenparekraf)

Tepatnya, Desa Wisata Buwun Sejati berada di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya tak terlalu jauh dari pusat kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Saat tiba di desa ini, wisatawan akan disuguhi keindahan alam berupa bentangan sawah dengan latar bukit yang hijau. Paronama indah pun bisa dinikmati slama perjalanan menuju objek wisata.

"Yang menarik adalah, desa ini menunjukkan ketahanan pangan agrowisata. Kita lihat tadi beberapa kearifan yang timbul dari masyarakat yang agraris di saat ekonomi kita penuh tantangan, krisis pangan, krisis energi yang mulai kita rasakan. Tapi justru Desa Wisata Buwun Sejati menawarkan solusi, di mana mereka bisa mandiri," kata Menparekraf Sandiaga.

Desa Wisata Buwun Sejati juga mempunyai daya tarik budaya. Ada keberagaman yang membuat desa ini semakin kental dengan nilai-nilai toleransi yang menambah keindahan. Penduduk desa yang terdiri dari masyarakat Muslim dan Hindu hidup berdampingan dengan damai dan penuh persaudaraan.

Perpaduan budaya Sasak dan tradisi dalam agama Hindu menjadi harmonisasi budaya yang sangat indah, seperti kesenian Baleganjur, kesenian musik Rindik, juga tari Beriuk Tinjal. Desa wisata ini juga memiliki ragam produk ekonomi kreatif. Adapun kuliner yang dimiliki misalnya, sate Bulayak, gula semut, madu trigona, dan lainnya. Di desa ini juga memiliki kain tenun khas desa Buwun Sejati.

"Mudah-mudahan dapat terus menyejahterakan masyarakat, menambah penghasilan, dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Saya terima kasih juga sebagai kerja sama kita dengan Astra bahwa Desa Wisata Buwun Sejati ini menjadi Tunas Kampung Berseri Astra," kata Menparekraf Sandiaga.

Selanjutnya, Sandiaga lihat atraksi Male'an Sampi

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Aksinya Ditegur Sandiaga Uno, Apa Kata Aliansi Labuan Bajo?"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA