Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 29 Jun 2022 13:55 WIB

TRAVEL NEWS

Landasan Direvitalisasi, Pesawat Ringan Nanti Bisa Landing di Kepulauan Seribu

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Kunjungan Kerja Sandiaga Uno ke Pulau Panjang
Sandiaga Uno di area landasan pacu Pulau Panjang. (Yasmin Nurfadila/detikTravel)
Jakarta -

Sesuai namanya, Kabupaten Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau. Ada pulau yang sudah terjamah hingga menjadi destinasi wisata. Tapi ada juga yang masih perawan.

Pulau Panjang merupakan salah satu pulau di Kelurahan Pulau Kelapa. Belum banyak yang mengetahui keberadaan pulau ini. Pulau Panjang terletak tidak jauh dari pusat Kelurahan Pulau Kelapa. Dapat ditempuh sekitar 15 menit menggunakan kapal cepat dari Pulau Kelapa besar.

Dulunya Pulau Panjang merupakan pulau khusus untuk landasan pacu pesawat ringan. Kini pulau ini sudah mulai dikembangkan menjadi objek wisata religi di Kepulauan Seribu.

Meski begitu, kondisi landasan pacu di pulau ini masih terjaga dengan baik. Area di sekitar landasan juga bersih dan tidak terhalangi oleh pohon-pohon.

Melihat keadaan dan potensi dari landasan ini, pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berencana untuk melakukan revitalisasi landasan untuk mempermudah konektivitas dari dan ke Kepulauan Seribu. Jadi untuk mencapai Kepulauan Seribu nanti tidak hanya melalui laut, tapi juga melalui udara.

"Satu waktu ini juga bisa direvitalisasi menjadi landasan yang bisa didarati oleh pesawat-pesawat ringan. Untuk mendukung ekosistem pariwisata yang seperti Maldives ini," kata Sandiaga Uno kepada media pada Selasa (28/6/22)

Landasan Pacu di Pulau Panjang Kepulauan Seribu akan direvitalisasi agar pesawat ringan bisa mendarat di sana.Landasan Pacu di Pulau Panjang Kepulauan Seribu akan direvitalisasi agar pesawat ringan bisa mendarat di sana. Foto: Kemenparekraf

Sandiaga berharap Kepulauan Seribu dapat meniru konektivitas udara Maldives. Karena Maldives sudah dapat dijangkau menggunakan seaplane maupun pesawat ringan.

Landasan di Pulau Panjang berukuran sekitar 800 meter. Menurutnya, ini bisa dimanfaatkan untuk pesawat ringan sejenis caravan.

Jika sudah direvitalisasi, landasan ini bisa menghubungkan Kepulauan Seribu ke bandara-bandara lain di sekitar Jakarta. Seperti ke Bandung, bandara Halim, bandara di Pondok Cabe, Tanjung Lesung, hingga Cirebon.

Revitalisasi landasan ini ternyata sudah masuk dalam rencana Pemprov DKI Jakarta sejak lama. Tinggal menunggu upaya realisasi dari pemerintah-pemerintah terkait.

"Jadi ini adalah salah satu pendekatan baru wisata dirgantara. Kemarin kita lihat potensi peluangnya di Pangandaran. Kita harus kembangkan bersama. Tapi mungkin landasannya harus direvitalisasi dulu. Dan ini memang waktu saya tugas di Pemprov DKI sudah masuk ke dalam perencanaan. Mudah-mudahan bisa dilanjutkan," tutur Sandi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga menjelaskan bahwa landasan ini sudah direncanakan untuk difungsikan kembali. Pemprov DKI Jakarta akan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk merealisasikan hal tersebut.

"Memang sementara ini masuk ke sini hanya melalui kapal. Ke depan kita akan upayakan bisa masuk melalui pesawat ringan. Sehingga landasan ini memang harus kita wujudkan segera," tutur Ahmad Riza Patria kepada media saat mengunjungi Pulau Panjang pada Selasa (28/6/22).



Simak Video "Paragliding, Bukit Gado Gado Padang Sumatera Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA