Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Jun 2022 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Gadis Kembar dari China, Sukses Tukar Paspor Sampai 30 Kali

Two happy Asian girls using smartphone checking flight or online check-in at airport together, with luggage. Air travel, summer holiday, or mobile phone application technology concept
Foto: Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/Sushiman)
Harbin -

Gadis kembar dari China ini menuai sensasi. Mereka mengaku sampai hari ini sukses tukar-menukar paspor sampai lebih dari 30 kali. Bagaimana kisahnya?

Kakak beradik kembar itu dikenal sebagai Zhou Sisters. Mereka berasal dari kota Harbin, China. Aksi Zhou bersaudara akhirnya terhenti di tangan kepolisian China.

Ternyata, selama ini, si kembar Zhou saling tukar menukar paspor untuk pergi traveling. Mereka sukses melakukan aksi ini setidaknya lebih dari 30 kali sebelum akhirnya ditangkap polisi.

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (30/6/2022) kisah bermula ketika Hong (bukan nama sebenarnya), salah satu dari Zhou bersaudara, mau traveling ke Jepang bersama dengan suaminya yang berkebangsaan Jepang juga.

Namun sayang, aplikasi visa Jepang Hong selalu ditolak. Sementara itu, saudara kembarnya, Wei (bukan nama sebenarnya) punya visa Jepang yang masih berlaku.

Hong pun memanfaatkan kemiripan fisik dirinya dengan Wei, lalu meminjam paspornya yang memiliki visa Jepang yang masih valid. Cara yang sama juga digunakan Hong untuk traveling ke beberapa negara, termasuk ke Rusia hingga lebih dari 30 kali.

Ternyata bukan Hong saja yang memanfaatkan kemiripan fisik antar saudara kembar itu. Wei juga melakukan hal yang sama. Dia menggunakan paspor milik Hong untuk traveling ke Thailan dan beberapa negara lainnya.

Otoritas berwenang di China berhasil mengungkap modus tukar menukar paspor ini awal tahun 2022, namun baru mencuat viral ke media sosial pekan ini. Zhou bersaudara sendiri sudah berada di China sejak bulan Mei 2022.

Di media sosial Weibo, video si kembar yang tukar menukar identitas untuk pergi ke luar negeri sampai lebih dari 30 kali ini sudah ditonton lebih dari 360 juta orang.

Kasus ini menimbulkan pertanyaan publik terhadap keamanan imigrasi China di pintu perbatasan. Pemerintah China mengklaim teknologi face recognition mereka bisa mengenali 1,4 Miliar warganya hanya dalam hitungan detik. Namun kasus Zhou Sisters mencoreng klaim itu.

"Bahkan teknologi paling canggih sekalipun gagal untuk mencegah ini. Sangat luar biasa," sindir salah seorang pengguna Weibo.



Simak Video "Kenapa Bikin Paspor Butuh Waktu Lama? Ini Kata Imigrasi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA