Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 24 Jun 2022 21:40 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Singapura ala Medan Disorot Media Asing: Seperti di China

Singapuranya Medan
Singapuranya Medan (Foto: CitraLand Gama City)
Medan -

Replika Patung Merlion, Fountain of Wealth hingga gerbang electronic road pricing (ERP) telah dibangun di sebuah kawasan di Medan. Keadaan itu disamakan dengan aksi plagiat yang ada di China.

Diberitakan Mothership, Jumat (24/6/2022), bagi banyak orang, nama Singapura akan mengingatkan traveler pada pulau yang terletak di bawah Malaysia dan di atas khatulistiwa.

Namun, bagi sebagian orang di Medan, nama Singapura merujuk pada kawasan perumahan yang terletak 20 menit berkendara dari ibu kota pusat kota Provinsi Sumatra Utara, Indonesia itu.

Media itu menyebutnya sebagai tempat yang aneh. Singapuranya Medan ini berisi beberapa bangunan yang sudah dikenal dan dapat ditemukan dengan mudah di Singapura.

Singapuranya MedanSingapuranya Medan (Foto: CitraLand Gama City)

Kemiripannya luar biasa. Replika patung burung gemuk karya seniman Kolombia, Fernando Botero, yang terletak di Raffles Place, juga dapat ditemukan di sana bersama Fountain of Wealth.

Dan tentu saja, Singapura tidak akan menjadi Singapura tanpa gerbang electronic road pricing (ERP). Ya pengembang Indonesia tidak gagal untuk memasukkannya namun kemungkinan tidak beroperasi.

Menurut situs pengembang properti, nama resmi kawasan seluas 211 hektar ini adalah CitraLand Gama City.

Tempat tersebut merupakan pengembangan terpadu yang terdiri dari kawasan pemukiman dan fasilitas lainnya seperti mall, sekolah, universitas, rumah sakit, club house dan waterpark.

Singapuranya MedanSingapuranya Medan (Foto: CitraLand Gama City)

"Melalui konsep 'The Singapore of Medan', masterplan dirancang untuk memiliki keseimbangan yang baik antara kehidupan bersih, hijau, dan modern," kata mereka.

Beberapa jalan di kota ini juga dinamai jalan-jalan yang ada di Singapura. Kota ini juga memiliki cluster perumahan Fullerton dan Dempsey Hill. Menurut situsnya, rumah dua lantai tiga kamar tidur di cluster Dempsey Hill, dengan luas bangunan 108 meter persegi, menelan biaya Rp 2,8 miliar.

Diketahui bahwa menduplikasi atau menciptakan kembali arsitektur asing bukanlah konsep baru. Tianducheng, kawasan pinggiran kota di Hangzhou, Chinan telah meniru ibu kota Prancis bahkan memiliki Menara Eiffel sendiri.



Simak Video "Heboh Aksi Koboi Lepas Tembakan Saat Pelantikan Kades di Sumut"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA