Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 02 Jul 2022 23:14 WIB

TRAVEL NEWS

Seperti Film Titanic, Kapal Pesiar Mewah Tabrak Gunung Es di Alaska

Kapal Pesiar The Norwegian Sun
Foto: The Norwegian Sun (dok.Norwegian Cruise Line)
Alaska -

Kapal pesiar mewah dari Norwegia dikabarkan menabrak gunung es saat dalam perjalanan menuju ke Alaska, seperti yang sudah pernah kejadian di film Titanic.

Namun bedanya dengan film Titanic, gunung es yang ditabrak oleh kapal pesiar bernama The Norwegian Sun ini berukuran kecil. Insiden tersebut sudah dikonfirmasi kebenarannya oleh pihak Norwegian Cruise Line sebagai pemilik kapal pesiar mewah itu.

Menurut juru bicara Norwegian Cruise Line, insiden tersebut terjadi saat kapal pesiar The Norwegian Sun sedang melintasi Gletser Hubbard di Kanada.

Saat itu, kondisi lautan sedang diselimuti kabut yang sangat tebal sehingga membatasi jarak pandang dan membuat gunung es tersebut tidak terlihat oleh kapten kapal.

Gunung es yang ditabrak kapal pesiar itu dikenal dengan istilah 'growler', ukurannya kecil saja. Ketinggiannya hanya sekitar 1 meteran di atas permukaan air, dan sekitar 2 meteran di bawah permukaan laut.

"Kapal pesiar itu tetap beroperasi secara normal dan sekarang berada di Juneau untuk diperiksa ulang," ujar juru bicara Norwegian Cruise Line.

Menurut Stewart Chiron, ahli industri kapal pesiar, kejadian tersebut cukup jarang terjadi. Menurut Chiron, biasanya kapal pesiar akan cenderung menghindar jika melihat gunung es.

"Kapal pesiar biasanya sebisa mungkin akan menghindar dari menabrak gunung es," ujarnya.

Chiron pun menganalogikan insiden ini seperti mobil balap yang sedang di lintasan dan menabrak debris alias sisa-sisa aspal di jalanan.

"Ini seperti mobil yang sedang melaju di jalan dan ada ban atau serpihan aspal dan kamu menabraknya," pungkas Chiron.



Simak Video "Rekaman CCTV Tabrakan Dua Kapal di Sungai Nieuwe Maas Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA