Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 03 Jul 2022 09:12 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Ilmuwan Ingatkan Kemunculan Predator di Cape Cod

Hiu di lepas pantai Cape Cod, Massachusetts
Ilustrasi hiu di lepas Pantai Cape Cod (Phili Marcelo, File/AP)
Jakarta -

Cape Cod dikenal sebagai rumah bagi hiu putih. Kemunculan hiu tersebut akan terlihat saat musim panas.

Mengutip AP News, peneliti hiu putih besar di Cape Cod, Massachusetts, AS, mengingatkan bahwa cuaca yang panas bukan hanya menandai banyaknya turis yang datang. Hal ini juga pertanda kedatangan predator terkenal di kawasan tersebut.

Bulan Juli menjadi waktu bagi hiu putih muncul. Penampakannya akan memuncak dari Agustus sampai Oktober.

"Ketahuilah bahwa hiu besar ada di sini," kata seorang ilmuwan di Atlantic White Shark Concerbancy, Megan Winton.

"Mereka selalu hadir dari Juni hingga musim gugur," dia menambahkan.

Penampakan hiu putih besar pun sempat terlihat beberapa hari lalu. Hal itu menyebabkan penutupan sementara Pantai Head of The Meadow di Truro. Menurut Fox News, ada 11 penampakan hiu yang dikonfirmasi dan belum dikonfirmasi selama seminggu terakhir.

Seorang ahli biologi kelautan negara bagian yang sudah mempelajari hiu putih besar di kawasan tersebut, Greg Skomal mengungkapkan bahwa hewan-hewan tersebut masih cenderung berada di sisi tanjung yang menghadap ke Samudra Atlantik. Di sana mereka berpesta dengan populasi anjing laut yang berkembang biak.

Dia pun menyarankan wisatawan untuk waspada saat berenang di mana garis pantai cepat turun ke perairan yang lebih dalam.

"Hiu akan mendekati pantai ketika mereka memiliki kedalaman air," kata Skomal.

Dua ilmuwan tersebut, Skomal dan Winton sudah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mempelajari migrasi hiu putih dan perilaku berburu. Menurut mereka, penelitian yang sedang berlangsung telah membantu meningkatkan keamanan pantai.

Pemahaman yang lebih baik diberikan kepada pejabat lokal dan pengunjung pantai tentang di mana hiu putih besar cenderung muncul. Selain itu juga pada pukul berapa mereka cenderung paling aktif.

Ada perubahan perilaku nyata dari pengunjung pantai sejak wilayah tersebut melihat dua serangan hiu ke manusia. Salah satunya berakibat fatal pada tahun 2018.

Banyak yang semakin mendekat ke pantai saat mereka berenang, sementara yang lain tak menjelajah ke perairan sama sekali.

"Pada saat yang sama, ini adalah tempat penting bagi orang untuk berekreasi, jadi penting untuk menemukan cara untuk hidup berdampingan," kata Winton



Simak Video "Keelokan Pantai Pangasan Pacitan, Ada Pulau Karang Berbentuk Pilar"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA