Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 03 Jul 2022 14:45 WIB

TRAVEL NEWS

China Borong Pesawat Airbus, Boeing Gigit Jari

bonauli
detikTravel
China Eastern Airlines
China Eastern Airlines (Getty Images/rypson)
Jakarta -

Pabrik Airbus girang karena melonjaknya pesanan ke China. Tak tanggung-tanggung, China pesan Airbus A320 sebanyak 292 unit langsung!

Dilansir dari Xinhua News Agency, ada beberapa maskapai yang memesan airbus. Mereka adalah China Southern Airlines, Air China, China Eastern Airlines, dan Shenzhen Airlines.

Menurut Airbus, pesawat Keluarga A320neo memberikan setidaknya 20 persen penghematan bahan bakar dan CO2 dengan pengurangan kebisingan 50 persen.

"Pesanan baru ini menunjukkan kepercayaan yang kuat terhadap Airbus dari pelanggan kami," kata Christian Scherer, Chief Commercial Officer dan Head of International Airbus, dalam siaran pers.

Pesanan massal ini dilakukan buntut dari kebijakan China Southern yang membatalkan lebih dari 100 pesawat Boeing 737 MAX. Boeing 737 MAX menjadi pesaing dari A320, pada Mei lalu.

Pada keterangan resmi yang disampaikan, pembatalan itu terjadi karena ketidakpastian pengiriman unit pesawat yang tak kunjung terjadi.

Pesawat A320 milik Airbus adalah jet lorong tunggal yang dapat membawa antara 150 dan 180 penumpang. Masing-masing pesawat tersebut ditaksir memiliki harga senilai US$101 juta.

Pada akhir Mei, maskapai penerbangan di China memiliki total 2.070 jet Airbus dari gabungan empat maskapai.

Keputusan China untuk menambah armada Airbus melebihi Boeing menjadi salah satu kesepakatan yang akan menguntungkan pihak Eropa. Sementara pihak boeing hanya bisa gigit jari.

"Sebagai eksportir utama dari AS yang telah melakukan hubungan 50 tahun dengan industri penerbangan China, sangat mengecewakan bahwa perbedaan geopolitik meneruskan pembatasan ekspor pesawat AS," terang juru bicara Boeing melalui pemberitaan dari Bloomberg.



Simak Video "Polri Sebut ACT Selewengkan Dana Donasi Boeing Total Rp 68 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA