Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 03 Jul 2022 17:40 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga: Akhir Pekan, Okupansi Hotel di Jogja Nyaris 100%

Sandiaga Uno
Foto: Sandiaga Uno (dok. Istimewa)
Sleman -

Menparekraf Sandiaga Uno menyebut kunjungan wisata ke Jogja meningkat signifikan. Okupansi hotel hampir menyentuh 100 persen saat akhir pekan.

"Ada beberapa catatan antusiasme dari pelaku UMKM ini, karena Jogja mengalami peningkatan kunjungan wisatawan yang cukup signifikan. Seperti di akhir minggu tingkat hunian hotel nyaris 100 persen, sementara kalau weekday di atas 70-80 persen, itu menurut data Dispar DIY," kata Sandiaga.

Oleh sebab itu, Sandiaga Uno meminta pelaku UMKM ekonomi kreatif berlomba-lomba menciptakan produk yang berkualitas. Nantinya, Kemenparekraf akan memberikan beragam pelatihan untuk menunjang hal tersebut.

"Oleh karena itu harus kita siapkan secara totalitas agar UMKM ekonomi kreatif memiliki produk yang berkualitas. Tadi pelatihan-pelatihan mulai dari marketing, digitalisasi, sampai kepada public speaking," ujarnya.

Dengan pelatihan tersebut, maka besar kemungkinan wisatawan yang biasanya hanya datang ke Jogja untuk melihat-lihat menjadi membeli beragam produk UMKM ekonomi kreatif. Di mana hal tersebut akan menggerakkan roda perekonomian pasca pandemi COVID-19.

"Pelatihan sangat penting dan harus tepat sasaran dikarenakan Jogja, Sleman khususnya mengalami peningkatan kunjungan wisata yang signifikan," ucapnya.

"Karena itu mari jadikan mereka (wisatawan yang datang ke Jogja) dari rohari atau rombongan hanya lihat-lihat menjadi rojali atau rombongan yang jadi beli produk ekonomi kreatif lokal," lanjut Sandiaga.

Apabila hal itu terwujud, maka target jutaan lapangan kerja tahun ini dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan tercapai. Hal itu untuk mencapai target 4,4 juta lapangan kerja pada tahun 2024.

"Kedua, adalah penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini. Saya melihat optimisme dan antusiasme di Jogja sangat baik. Ketiga, target 2024 untuk menciptakan 4,4 juta lapangan baru," pungkas Sandiaga Uno.


----

Artikel ini sudah naik di detikjateng dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Aksinya Ditegur Sandiaga Uno, Apa Kata Aliansi Labuan Bajo?"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA