Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 05 Jul 2022 20:16 WIB

TRAVEL NEWS

Menara Eiffel yang Sedang Karatan dan Butuh Perhatian

Syanti Mustika
detikTravel
Teras Menara Eiffel Kembali Dibuka Untuk Pesta Malam
Foto: Menara Eiffel DW (SoftNews)
Jakarta -

Menara Eiffel dilaporkan penuh dengan karat dan butuh perbaikan penuh. Namun malah diberi cat kosmetik menjelang Olimpiade 2024 di Paris.

Dilansir dari CNN, Selasa (5/7/2022) menara besi setinggi 324 meter ini menjelang Olimpiade 2024 yang akan diadakan di Paris dioleskan cat kosmetik senilai 60 juta Euro. Padahal menara butuh perbaikan lebih karena sudah karatan.

Menara Eiffel pertama kali dibangun oleh Gustave Eiffel pada akhir abad ke-19. Sekarang menara ini menjadi destinasi dunia yang dikunjungi 6 juta orang tiap tahunnya.

Menurut laporan rahasia oleh para ahli yang dikutip dari Marianne menunjukkan bahwa monumen yang ikonik ini dalam keadaan buruk dan penuh dengan karat.

"Sederhana saja, jika Gustave Eiffel mengunjungi tempat itu, dia akan mengalami serangan jantung," kata seorang manajer yang tidak disebutkan namanya di menara itu kepada Marianne.

CNN juga telah menghubungi perusahaan yang mengawasi menara, Societe d'Exploitation de la Tour Eiffel (SETE). Namun kontak yangn dituju tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Saat ini menara dicat dan menjadi momen yang ke-20 kalinya Menara Eiffel dicat ulang.

Para ahli mengatakan kepada Marianne bahwa pekerjaan itu hanya facelift kosmetik dan memperkirakan hasil akhirnya akan menyedihkan. Mereka mengatakan menara harus benar-benar dilucuti kembali ke logam, diperbaiki dan dicat ulang, dan melapisi cat baru di atas cat lama membuat korosi lebih buruk.

"Sekitar 30% dari menara seharusnya telah diganti dan kemudian memiliki dua lapisan baru yang aplikasikan tetapi penundaan pekerjaan yang disebabkan oleh pandemi COVID. Juga adanya timbal dalam cat lama berarti hanya 5% yang akan dirawat," kata Marianne.

Menara Eiffel dibukaMenara Eiffel di Paris Foto: (AP Photo/Michel Euler)

Mereka juga menyebutkan SETE enggan menutup menara untuk waktu yang lama karena pendapatan wisatawan yang akan hilang.

Dalam Guardian juga dituliskan beberapa laporan mengenai kondisi dari Menara Eiffel.

Pada tahun 2010, sebuah laporan meminta SETE untuk benar-benar memperhatikan kebijakan mereka terkait pemeliharaan pada pengujian struktur logam yang menua.

Pada tahun 2014, Expiris sebuah perusahaan cat menemukan bahwa menara tersebut retak dan berkarat. Dan hanya 10% dari cat baru di menara yang menempel pada struktur.

Laporan ketiga pada tahun 2016 menemukan 884 patahan, termasuk 68 yang dikatakan berisiko terhadap daya tahan struktur. Setiap kesalahan difoto, diberi nomor dan diklasifikasikan menurut tingkat keseriusan.

Di situs menara, Bertrand Lemoine, seorang arsitek, insinyur sekaligus sejarawan memberikan pandangan yang lebih optimis dan berbeda dengan para ahli. Dia mengatakan musuh besi adalah korosi, yang disebabkan oleh oksidasi besi yang terpapar udara dan air. Serta dia mengatakan bahwa jika dicat ulang, Menara Eiffel bisa bertahan selamanya.



Simak Video "Asteroid Berukuran Lebih dari Menara Eiffel Melaju ke Orbit Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA