Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Jul 2022 14:03 WIB

TRAVEL NEWS

Senang Melihat Taman Balekambang Ramai Lagi, tapi...

Putu Intan
detikTravel
Sampah berserakan di Taman Balekambang
Sampah berserakan di Taman Balekambang Solo. Foto: Putu Intan/detikcom
Solo -

Taman Balekambang Solo kini kembali ramai dikunjungi wisatawan. Namun sayang, banyak sampah berserakan mengotori taman.

Taman Balekambang Solo memang menjadi primadona wisata bagi masyarakat Solo dan wisatawan luar kota. Taman ini menyuguhkan aneka atraksi dan pemandangan yang bikin penikmatnya betah.

Traveler dapat melihat hijaunya pepohonan, bermain bersama rusa, atau sekadar duduk-duduk di pinggir kolam. Tiket masuknya pun gratis sehingga banyak orang tertarik datang ke sana.

Sebagai informasi, Taman Balekambang ini umurnya sudah satu abad. Taman ini didirikan pada tahun 1921 oleh keluarga Mangkunegaran. Dalam perjalanannya, taman tersebut sempat mengalami pasang surut eksistensi.

Pada saat COVID-19 baru merebak, Taman Balekambang juga sempat ditutup. Kemudian dilakukan renovasi selama 5 bulan sebelum pada Januari tahun lalu kembali dibuka.

Sampah berserakan di Taman BalekambangSampah berserakan di Taman Balekambang. Foto: Putu Intan/detikcom

Momen libur sekolah tahun ini, Taman Balekambang ramai dikunjungi. Dari pantauan detikcom pada Sabtu (2/7/2022) lalu, Taman Balekambang penuh dengan wisatawan yang didominasi keluarga membawa anak-anak.

Anak-anak tampak senang berlarian di lapangan rumput hingga memberi makan rusa-rusa jinak di sana. Akan tetapi keramaian itu justru menyisakan sampah yang berserakan.

Sampah itu didominasi plastik yang digunakan untuk membungkus makanan rusa berupa kangkung dan wortel. Wisatawan tidak disiplin membuang sampah plastik di tempat sampah.

Sampah berserakan di Taman BalekambangSampah berserakan di Taman Balekambang. Foto: Putu Intan/detikcom

Parahnya lagi, beberapa tong sampah di sampah di sana dibiarkan jatuh sehingga sampah berceceran. Yang membuat miris, terlihat sejumlah rusa yang justru mencari-cari makanan dari sampah yang tercecer itu.

Pemandangan ini sangat disayangkan karena Taman Balekambang baru setahun punya wajah baru yang cantik. Jangan sampai kecantikan ini luntur dan rusak akibat wisatawan yang tak tertib.



Simak Video "Kunjungan Jokowi ke Taman Balekambang Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA