Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 11 Jul 2022 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

103 Ribu Orang Kunjungi Monas di Awal Buka Kemarin

Asyik, Moda Transportasi Wisata Keliling Monas Kembali Hadir
Pengunjung Monas (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Monas pernah dikunjungi lebih dari seratus ribu orang dalam satu hari ketika pertama kali buka. Itu menjadi bukti bahwa ruang terbuka hijau sangat dibutuhkan warga Jakarta.

Humas Unit Pengelola Kawasan Monas, Nursamin, menjelaskan bahwa karena masih dalam masa pembatasan, pengelola baru memulai layanan tugu itu per 1 Juli. Sementara itu, pembukaan kawasan Monas sudah dimulai dari tanggal 16 Juni.

"Uji coba selama dua minggu. Kalau rata-rata per hari untuk pengunjung yang masuk ke tugu itu 3.500-4.000 paling banyak," kata dia di kantornya tengah pekan lalu.

"Kalau yang ke atas kan kita batasi dengan kuota ya, 1.400 rata-rata per hari. Kecuali, kemarin karena ada informasi peningkatan PPKM, khusus kemarin kita kurangi setengah menjadi 700 orang," kata dia.

"Kalau kawasan Monas secara keseluruhan, di weekday itu 30.000 pengunjung. Di weekend bisa 40.000. Angka yang fantastis itu ketika uji coba itu di minggu kedua angka kunjungan meningkat hingga 103.997 orang," dia menjelaskan.

Nur mengakui bahwa antusiasme pengunjung di awal buka memang luar biasa. Bahkan, TMII kalau nggak direnovasi pasti mengalami kunjungan yang luar biasa pula.

Selanjutnya, Nur menjelaskan tentang pembatasan ke atas tugu Monas. Hal itu disebabkan oleh keterbatasan dari daya dukung lift di sana.

"Lalu, apakah pengunjung juga nanya kenapa dibatasi ke atas Monas? Lift ini punya keterbatasan dan nggak kayak di mal yang ada berhenti," kata dia.

"Lift ini selama ada pengunjung bergerak terus. Kalau melihat ukuran ruang di atas 11x11 meter, perkiraan 60-70 sudah sesak," dia menambahkan.

Memang tidak ada aturan berapa lama traveler berada di tugu ataupun Monas bagian atas. Mereka akan turun kalau sudah bosan, kecuali bersama guide karena ada waktu dan biasanya sekitar 15-10 menit.

"Malah yang paling banyak menghabiskan waktu adalah saat di museum, melihat 51 diorama. Itu nggak cukup 30 menit," kata dia.

"Diorama tematik bisa tentang tema pergerakan nasional sampai Indonesia merdeka," kata Nur.



Simak Video "Dibuka Kembali, Monas Diserbu Pengunjung di Akhir Pekan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA