Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Jul 2022 13:12 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Ada Pilihan Murah Melihat Komodo

Foto Drone Pulau Rinca
Perkampungan di Pulau Rinca (Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar/detikcom)
Jakarta -

Tiket mahal ke Taman Nasional Komodo akan segera berlaku. Nominalnya sebesar Rp 3,75 juta. Eh, tarif itu cuma untuk dua pulau lho, Pulau Komodo dan Padar.

Komodo di Taman Nasional Komodo ada di tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, serta sejumlah pulau lainnya. Mereka juga ada di Gili Motang, Nusa Kode, bahkan ada juga yang ada di pesisir pantai barat dan utara Pulau Flores. Di antara pulau-pulau itu, tiga pulau besar itulah yang menjadi favorit traveler untuk pelesiran.

Tetapi, saat ini, Pulau Rinca, yang menjadi habitat komodo, ditutup karena ada pembangunan penambahan sarana dan prasarana taman nasional, yang sempat disebut-sebut sebagai Jurassic Park. Artinya, boleh dibilang harga tiket sebesar Rp 3,75 juta merupakan harga tiket untuk hanya masuk dua pulau, Pulau Komodo dan Pulau Padar. Tiket itu berlaku satu tahun.

"Perlu kami sampaikan juga saat ini sarpras Loh Buaya Pulau Rinca masih ditutup karena masih dalam tahap pemeliharaan. Dan di dalam pusat informasinya kita sedang memasang interior, seperti diorama sampai peta," kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang, didampingi Menparekraf Sandiaga Uno dalam temu wartawan mingguan di Kemenparekraf, Senin (11/7/2022).

"Dan kita masih menunggu launching untuk pembukaannya," dia menambahkan.

Awang lalu menjelaskan bahwa tidak semua area di sekitar Labuan Bajo masuk ke dalam wilayahnya. Namun, ada pula wilayahnya yang masuk ke dalam area pengelolaan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF).

"Untuk Pulau Kelor dan Kanawa itu di luar TN Komodo. Yang dimaksud di dalam itu Pulau Kalongnya. Itu berlaku sebagaimana biasa, tidak termasuk dengan yang Pulau Padar dan Komodo," kata dia.



Simak Video "Pelaku Pariwisata Labuan Baju Mogok Imbas Tarif Rp 3,75 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA