Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jul 2022 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Danau di Amerika Kekeringan, Kapal Perang Dunia II Muncul ke Permukaan

Higgins Craft di Lake Mead
Foto: Kapal Higgins Craft di Danau Mead (CNN)
Las Vegas -

Kekeringan melanda Danau Mead di Nevada, AS. Menurunnya permukaan air disusul dengan kemunculan benda-benda tak biasa, seperti kapal Perang Dunia Kedua.

Kekeringan parah terjadi di Danau Mead, danau buatan terbesar di Amerika Serikat. Danan yang jadi cadangan air bagi 25 juta warga Nevada itu makin menyusut permukaan airnya, membuat sedikit demi sedikit dasar danau tersingkap ke permukaan.

Salah satu penemuan terbaru di Danau Mead adalah sebuah kapal yang digunakan semasa Perang Dunia Kedua. Kapal itu diketahui bernama Higgins Craft. Saat ditemukan, kapal tersebut masih dalam kondisi lengkap dengan plat pelindungnya.

"National Park Services (NPS) menduga, kapal Perang Dunia II itu digunakan di danau ini untuk beberapa alasan, sebelum akhirnya tenggelam di dasar danau," ujar pihak NPS, seperti dikutip dari CNN, Rabu (13/7/2022).

"Apakah kapal itu tenggelam karena kecelakaan atau sengaja ditenggelamkan masih belum bisa dijelaskan," imbuh NPS.

Kapal bersejarah itu ternyata sudah dimodifikasi. Bagian mesinnya sudah dihilangkan dan dimodifikasi jadi area terbuka di antara dua senapan mesin yang diletakkan di bagian tengah kapal.

Higgins Craft bisa digunakan untuk mengangkut orang maupun kendaraan yang digunakan untuk perang. Kapal ini berhenti diproduksi selepas tahun 1945.

Sementara itu, Danau Mead terus mengalami penurunan permukaan air. Titik terendah di danau Mead sekitar 317.6 meter di atas permukaan laut. Titik tersebut lebih rendah 7,2 meter dari ketinggian tahun lalu, bahkan 13,4 meter lebih rendah dari ketinggian yang tercatat pada tahun 2020.

"Setiap hari, rekor penurunan air terjadi di danau ini, sejak danau ini pertama kali diisi pada tahun 1937 setelah Bendungan Hoover selesai dikonstruksi," kata ahli meteorologi CNN, Brandon Miller.



Simak Video "Dramatis! Detik-detik Evakuasi Penumpang Kapal Terbakar di Sumenep"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA