Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 14 Jul 2022 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Eropa Alami Gelombang Panas, Lebih Panas dari Ciputat!

Yasmin Nurfadila
detikTravel
A firefighter sprays water as a woman rides her bicycle on the Wiegbrug bridge, during a heatwave in Amsterdam on July 25, 2019. - On July 24 and 25, 2019, as Europe is hit by a second heatwave in less than a month, Germany, Belgium and The Netherlands top their previous heat records. The Royal Netherlands Meteorological Institute (KNMI) has issued an official warning due to the heat, advising residents of the capital city to stay inside. (Photo by Robin UTRECHT / ANP / AFP) / Netherlands OUT
Ilustrasi penyemprotan jalan karena gelombang panas di Belanda. (Robin UTRECHT / ANP / AFP)
London -

Selama musim panas, temperatur benua Eropa memang lebih panas dari biasanya. Namun minggu ini, warga Eropa akan dihantam gelombang panas hingga 40C.

Berdasarkan data dari BMKG pada Mei 2022, Ciputat menjadi daerah terpanas dengan suhu rata-rata 36C. Sementara itu, saat musim panas di Eropa, biasanya temperatur berada di kisaran 30C atau lebih sedikit.

Normalnya temperatur di Eropa saat musim panas tidak berada di atas 36∘C. Tidak sampai melebihi panasnya Ciputat atau wilayah-wilayah terpanas di Indonesia.

Dilansir dari TimeOut Kamis (14/7/22), minggu ini Eropa akan dihantam gelombang panas hebat. Temperatur di beberapa negara diperkirakan akan mencapai lebih dari 40C.

Suhu terpanas diperkirakan akan terjadi di Sevilla, Spanyol. Di kota ini suhu diprediksi bisa mencapai hingga 47C.

Gelombang panas dari kawasan ini juga diperkirakan bisa berdampak hingga Perancis, Jerman, Belgia, dan Belanda. Negara-negara yang terdampak kemungkinan akan memiliki beberapa daerah dengan suhu di atas 40C.

Bahkan disebutkan bahwa ada kemungkinan gelombang panas ini sampai ke Inggris. Jika hal itu terjadi, kemungkinan temperatur di Inggris akan memecahkan rekor temperatur terpanasnya sendiri, yakni pada 38,7C.

Dilaporkan The Guardian bahwa temperatur di bagian utara dan barat Eropa diproyeksikan empat hingga lima derajat lebih tinggi dari suhu normal. Beberapa destinasi yang akan mengalami kenaikan cukup tinggi adalah Paris (36C), Bordeaux (38C), dan Madrid (40C).

Gelombang panas juga diperkirakan akan memburuk di wilayah selatan dan timur Eropa. Wilayah Italia dan negara-negara Balkan diprediksi akan mencapai suhu 40C. 10 derajat lebih tinggi dibanding normal.

Jika traveler berencana untuk berlibur ke Eropa minggu ini, gunakanlah pakaian yang nyaman dan dingin. Jangan lupa bawa dan aplikasikan tabir surya agar kulit traveler tak terbakar.

Jagalah tubuh traveler agar tetap terhidrasi. Meski di beberapa tempat mungkin suhunya tak begitu jauh dengan Indonesia. Namun jangan pernah meremehkan panasnya matahari terutama saat gelombang panas.

Simak Video 'Suhu Ekstrem, Kebun Binatang Spanyol Beri Makan Hewan Buah-Daging Beku':

[Gambas:Video 20detik]



(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA