Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 14 Jul 2022 10:40 WIB

TRAVEL NEWS

Aduh! Wisatawan Pantai Parangtritis Banyak yang Disengat Ubur-ubur

Wisatawan tersengat ubur-ubur di Pantai Parangtritis, Bantul, Rabu (13/7/2022).
Foto: Anak-anak disengatubur-ubur (Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Bantul -

Wisatawan yang liburan ke pantai Parangtritis banyak yang mengaku disengat ubur-ubur. Kebanyakan korbannya adalah anak-anak.

Tidak hanya di Pantai selatan Gunungkidul, kemunculan ubur-ubur juga terjadi di kawasan Pantai Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bedanya, wisatawan yang tersengat ubur-ubur di Pantai Parangtritis merupakan anak-anak.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III Parangtritis M. Arif Nugraha menjelaskan, bahwa kemunculan ubur-ubur baru terjadi pekan ini.

"Sampai kemarin (Selasa 12/7) ada tiga anak kecil yang kena. Jadi belum terlalu gempar," katanya saat dihubungi wartawan, Rabu (13/7/2022).

Arif mengungkapkan, banyaknya anak-anak yang menjadi korban sengatan ubur-ubur karena tertarik dengan bentuk hewan bertentakel tersebut. Mengingat bentuk ubur-ubur yang menggelembung dan berwarna biru.

"Yang tersengat ubur-ubur kebanyakan anak-anak karena ubur-ubur itu kan bentuknya lucu. Jadi sama anak-anak malah dijadikan mainan saat bermain air di pantai," ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya terus memberikan imbauan menggunakan pengeras suara agar wisatawan tidak memegang ubur-ubur tersebut. Selain itu, pihaknya juga telah menyediakan obat-obatan hingga tabung oksigen di posko SAR.

"Sebab ada yang tersengat ubur-ubur kemudian mengalami sesak nafas. Kita juga siapkan ambulan jika ada kondisi darurat dan harus membawa wisatawan ke rumah sakit terdekat," ucapnya.

Pasalnya, dampak sengatan ubur-ubur menyebabkan bagian kulit yang tersengat terasa perih, panas dan gatal. Di mana hal itu membuat anak-anak tidak kuat menahannya, bahkan tak urung membuat anak-anak menangis.

"Untuk orang dewasa memang masih bisa menahan sakitnya. Tapi untuk anak kecil akan meronta-ronta kesakitan dan menangis, karena itu kami minta para orang tua juga mengawasi anaknya saat bermain air di pantai," katanya.

---

Artikel ini sudah naik di detikjateng dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Fenomena Ubur-ubur Serbu Pantai Probolinggo Bikin Nelayan Tak Melaut"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA