Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 15 Jul 2022 18:04 WIB

TRAVEL NEWS

Cerita Suka Cita Mahasiswi Lihat Paus Langka Melahirkan

Syanti Mustika
detikTravel
A Sperm Whale dives off the coast of New ZealandKaikoura
Ilustrasi ( Getty Images/oversnap)
Cape Town -

Mahasiswi yang sedang penelitian untuk gelar PhD-nya ini mendapatkan pengalaman yang berharga. Secara tak sengaja dia melihat paus yang langka melahirkan.

Diberitakan Travel+Leasure, Jumat (15/7/2022) Cynthia Barile, calon PhD dari Galway, Irlandia menghadiri konferensi di Cape Town, Afrika Selatan awal bulan ini. Di sela-sela kesibukannya, dia bersama temannya ingin melihat ikan paus dari dekat.

Mereka menaiki kapal pengamatan paus Hermanus yang dioperasikan Right Charters dan berlayar dari New Harbor di Cape Whale Coast, Afrika Selatan. Saat berada di perairan, Barile melihat Paus Sikat Selatan di permukaan, lalu berubah menjadi dua ekor.

Di Twitter, Barile menggambarkan melihat kelahiran sebagai momen yang luar biasa, sangat istimewa, mungkin salah satu momen paling emosional dalam hidupnya. Dia beruntung bisa menyaksikan seekor paus melahirkan anaknya.

Barile sedang meneliti bioakustik dan cetacea (kelompok mamalia air yang mencakup paus, lumba-lumba, dan porpois), jadi kesempatan untuk melihat kelahiran paus secara langsung menjadi momen yang sangat istimewa. Dia pun membagikan momen tersebut dalam Twitternya.



Informasi untuk traveler, menurut situs pariwisata Afrika Selatan, pengamatan paus di lepas Pantai Paus Cape berlangsung dari Juni hingga Desember, dengan musim melahirkan Paus Sikat Selatan biasanya berlangsung dari Juni hingga Agustus. Ketika anak ikan lahir, beratnya berkisar antara 2.200 hingga 3.300 pon (1.00 - 1.500 kg) dan panjangnya 16 hingga 20 kaki (5 - 6 meter).

Momen ini terasa semakin istimewa karena Paus Sikat Selatan merupakan salah satu hewan yang terancam punah dan sangat dilindungi. Karena dari dulu, semenjak tahun 1935 ikan paus ini banyak diburu. Saat ini hanya 300 paus yang tersisa di alam liar.

Dalam cuitannya, Barile mengatakan bahwa dia sengaja tidak memposting foto momen paus melahirkan karena itu adalah momen menakjubkan dan ingin menjadi momen pribadi saja. Jadi dia hanya membagikan foto paus yang semula berenang sendiri dan foto berenang bersama anaknya baru lahir.



Simak Video "Penampakan Ratusan Paus Terdampar di Pantai Barat Tasmania"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA