Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 16 Jul 2022 19:50 WIB

TRAVEL NEWS

Tiket TN Komodo Rp 3,75 Juta, Pemerhati: Perhatikan Masyarakat Juga Dong

komodo di Loh Liang
Foto: Ilustrasi (Bonauli/detikcom)
Jakarta -

Pengamat pariwisata Taufan Rahmadi meminta para stakeholder untuk mempertimbangkan aspek masyarakat, ketika menaikkan harga tiket TN Komodo jadi Rp 3,75 juta.

Pengamat pariwisata Taufan Rahmadi turut buka suara terkait kenaikan harga tiket masuk kawasan Taman Nasional Komodo menjadi Rp 3,75 juta per orang, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara.

Menurut Taufan, kebijakan itu seharusnya mempertimbangkan juga aspek masyarakat yang mengggantungkan hidup dari sektor pariwisata di pulau tersebut.

"Di dalam menentukan kebijakan terkait pariwisata, dalam hal ini tarif Taman Nasional Komodo, selain mempertimbangkan sisi konservasi, juga harus mempertimbangkan sisi kesejahteraan masyarakat yang bergantung hidup dari sektor pariwisata di sana," ujar Taufan kepada detikTravel, Sabtu (16/7/2022).

Taufan meminta agar masyarakat turut dilibatkan dalam merumuskan bersama-sama besaran tarif bagi wisatawan untuk bisa masuk ke dalam kawasan konservasi itu.

"Rumuskan bersama besaran tarif masuk yang ideal dan rasional dengan mempertimbangkan aspek konservasi dan aspek kesejahteraan masyarakat yang hidup dari pariwisata," Taufan menyarankan.

Taufan khawatir, dengan penerapan tiket masuk baru yang mahal tersebut, jumlah wisatawan yang berkunjung ke TN Komodo akan menurun drastis sehingga menurunkan pula kesejahteraan masyarakat yang hidup dari pariwisata di sana.

"Dengan tarif masuk yang baru, pastilah berimbas pada tingkat kunjungan. Ini yang harus diantisipasi oleh semua pihak. Jangan sampai berakibat, matinya ekonomi para pelaku pariwisata di sana," kata Taufan.

Masyarakat pulau Komodo sendiri dengan lantang menentang hal tersebut. Mereka rata-rata tidak setuju dengan kebijakan tersebut.

"Respon teman seprofesi tentang keputusan rencana ini kebanyakan bilang terlalu terburu-buru tanpa adanya sosialisasi terlebih dahulu," ujar Ardiansyah, pemandu sekaligus warga asli Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo.

Hal senada juga disuarakan oleh Sukardi Yusuf pemandu wisata Ata Moto Guide di Labuan Bajo.

"Menurut saya calon wisatawan yang akan berkunjung di Pulau Komodo masih pikir-pikir dengan harga tiket Rp3,75 juga. Kenapa demikian? Karena mereka terbebani," ujar dia.



Simak Video "Tarif Rp 3,75 Juta Taman Nasional Komodo untuk Konservasi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Breaking News
×
Update Korban Tragedi Kanjuruhan
Update Korban Tragedi Kanjuruhan Selengkapnya