Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 17 Jul 2022 14:15 WIB

TRAVEL NEWS

Menparekraf Bakal Buka 1,1 Juta Lapangan Kerja Baru Tahun 2022

M Iqbalc
detikTravel
Sandiaga Uno di Cilegon
Foto: (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyebut kementeriannya bakal membuka 1,1 juta lapangan kerja tahun ini. Lapangan kerja itu bersumber dari bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Alhamdulillah tahun ini bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif akan mencetak 1,1 juta lapangan kerja di 2022," kata Sandiaga pada acara workshop kota kreatif di Cilegon, Minggu (17/7/2022).

Pihaknya menargetkan pada 2024 mendatang akan menjadi kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan mencetak 4,4 juta lapangan kerja baru.

"Dan 2024 adalah kebangkitan yaitu 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024," ujarnya.

Saat ini, kata Sandi, kondisi perekonomian Indonesia didominasi oleh ekonomi ekstraktif. Dia mengatakan, kondisi itu perlahan harus dibarengi dengan kebangkitan ekonomi kreatif agar tak mengandalkan ekonomi ekstraktif.

"Bagaimana ekonomi kreatif untuk menggantikan ekonomi ekstraktif, jadi harus kreatifitas dan imajinasi kita yang mendorong untuk sumber daya kita," kata dia.

Sandiaga Uno di CilegonSandiaga Uno di Cilegon Foto: (M Iqbal/detikcom)

Sebagai contoh, lanjut Sandi, Cilegon merupakan kota industri, ratusan industri padat modal berdiri di Cilegon. Kondisi ini harus dibarengi dengan kreatifitas warga Cilegon untuk memasarkan produk lokal Cilegon.

"Kalau kriya itu apa yang laku, amati tiru modifikasi, Cilegon apa sih yang khas, memang kota industri. Tapi kita harus sikapi dengan betul-betul smart, tingkatkan penghasilan, gunakan teknologi kita dalam produksi kita sehingga kenaikan harga ini tidak terlalu membebani dan terjadi inflasi," katanya.



Simak Video "Transaksi Pameran UMKM ATF 2023 Hari Pertama Tembus Miliaran Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA