Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 18 Jul 2022 08:15 WIB

TRAVEL NEWS

Meriah Banget! Sedekah Laut Melarung Kepala Kerbau dan Hasil Bumi di Cirebon

Ony Syahroni
detikTravel
Sedekah laut di Desa Citemu, Kabupaten Cirebon.
Foto: Ony Syahroni/detikJabar
Cirebon -

Tradisi sedekah laut di Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat kembali digelar setelah absen dua tahun. Meriah banget.

Sedekah laut itu disetop sementara karena pandemi COVID-19. Makanya, warga rindu berat untuk bisa turun ke laut atau menonton dari tepi pantai.

Warga desa yang telah berkumpul sedari pagi. Anak-anak hingga orang dewasa tumpah ruah dalam acara tersebut.

Sesaji berupa miniatur kapal yang berisi kepala kerbau dan berbagai macam hasil bumi diarak keliling desa sebelum kemudian dilarung ke tengah laut. Dalam acara arak-arakan ini, juga ada tiga panggung musik dorong yang turut menyertai sembari membawakan lagu-lagu dangdut khas Pantura.

Sedekah laut di Desa Citemu, Kabupaten Cirebon.Sedekah laut di Desa Citemu, Kabupaten Cirebon. (Ony Syahroni/detikJabar)

Sementara pada prosesi larung sesaji ke tengah laut, ada puluhan perahu nelayan yang turut melakukan iring-iringan. Dalam mengikuti tradisi sedekah laut ini, para nelayan menghiasi perahu-perahu mereka dengan beragam umbul-umbul maupun bendera.

Kepala Desa (Kuwu) Citemu, Herintiano, mengatakan tradisi sedekah laut ini digelar sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberi rezeki kepada warga desa melalui laut.

"Selain itu, tradisi ini juga digelar dengan tujuan untuk memohon keberkahan dan juga keselamatan," kata Herintiano saat berbincang dengan detikJabar di Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Minggu (17/7/2022).

"Karena memang hampir 90 persen masyarakat di Desa Citemu bermatapencaharian sebagai nelayan yang setiap harinya beraktivitas di laut. Jadi intinya sedekah laut ini sebagai bentuk syukur kita kepada Allah SWT," kata dia.

Sedekah laut di Desa Citemu, Kabupaten Cirebon.Sedekah laut di Desa Citemu, Kabupaten Cirebon. Foto: Ony Syahroni/detikJabar

Setelah prosesi arak-arakan hingga larung sesaji selesai dilakukan, acara selanjutnya diisi dengan berbagai macam hiburan rakyat, mulai dari pagelaran wayang, sandiwara, dangdut, dan lain-lain.

Rencananya, beragam acara hiburan yang menjadi rangkaian kegiatan dalam tradisi sedekah laut ini akan digelar selama empat hari berturut-turut.

"Alhamdulillah sekarang tahun sekarang perizinan sudah mulai longgar dan kasus COVID-19 juga sudah mulai berkurang," kata Herintiano.



Simak Video "Melihat Ritual Sedekah Laut Larung Kambing Kendit"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA