Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 20 Jul 2022 11:50 WIB

TRAVEL NEWS

Panen Melimpah, Kasepuhan Banten Kidul Gelar Seren Taun

Fathul Rizkoh
detikTravel
Upacara seren taun di Kasepuhan Banten Kidul, Lebak Banten.
Upacara seren taun di Kasepuhan Banten Kidul, Lebak Banten. (Istimewa )
Lebak -

Masyarakat adat Kasepuhan Banten Kidul di Lebak Selatan, Banten menggelar upacara seren taun. Upacara itu sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah.

Anggota Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Banten Henriana Hatra mengatakan ada dua kasepuhan yang sedang melangsungkan seren taun. Dua kasepuhan itu adalah Kasepuhan Cicarucub dan Kasepuhan Ciherang.

"Iya betul lagi ada seren taun. Bulan depan juga ada di Kasepuhan Cisitu dan Kasepuhan Cisungsang," kata Henriana kepada detikcom melalui pesan singkat, Rabu (20/7/2022).

Dia mengatakan upacara tahunan ini merupakan ritual sakral yang biasa dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang melimpah. Dalam rangkaian upacaranya, ada yang boleh untuk umum dan ada yang tidak.

"Main event yaitu acara inti, acara adat dan ritual yang susunan acaranya sudah tetap, ada yang bisa untuk umum ada yang tidak. Terus ada side event, acara pendukung seperti penampilan kesenian tradisional, hiburan rakyat, bazar, dan panggung-panggung kesenian modern," tuturnya.

Bulan Agustus nanti, lanjutnya, ada juga kasepuhan yang menggelar upacara seren taun. Kasepuhan Cisitu digelar tanggal 8-15 Agustus dan Kasepuhan Cisungsang digelar tanggal 22-29 Agustus.

Saat ini, AMAN tengah menyiapkan upacara seren taun di dua kasepuhan tersebut. Dia juga masih berkoordinasi dengan para pengurus lainnya untuk menyusun jadwal seren taun dari masing-masing komunitas.

"Berkoordinasi dan membantu komunitas dalam pelaksanaan acara pendukung di seren taun," kata dia.



Simak Video "Ngadiukeun, Tradisi Simpan Padi Ke Dalam Lieut di Kasepuhan Adat Ciptagelar Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA