Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 22 Jul 2022 21:21 WIB

TRAVEL NEWS

Penumpang Gantikan Pilot Sakit Pernah Terjadi, Sukses Daratkan Pesawat

Tim detikcom
detikTravel
Ilustrasi pesawat
Foto: Ilustrasi pesawat (iStock)
Florida -

Penumpang pesawat yang gantikan pilot sakit pernah terjadi di AS. Darren Harrison berhasil mendaratkan pesawat itu dengan selamat, meski tidak pernah punya pengalaman terbang.

Pesawat Citilink QG307 dengan rute Surabaya-Makassar terpaksa putar balik dan melakukan pendaratan darurat di bandara Juanda Surabaya pada Kamis (21/7) kemarin karena sang pilot sakit.

Salah satu penumpang di penerbangan itu bernama Wine mengungkapkan detik-detik menegangkan ketika pramugari mulai bertanya kepada para penumpang, 'Apakah ada dokter atau perawat yang ada di dalam penerbangan ini?'

Tak cuma itu, beberapa saat kemudian, sang pramugari bertanya kembali kepada para penumpang. 'APAKAH ADA PILOT YANG TAHU MENERBANGKAN PESAWAT JENIS ITU (saya lupa persisnya jenis apa)'

"Seketika semua orang mulai menunjukkan wajah panik dan berkaca-kaca," cuit Wine.

Pesawat akhirnya bisa mendarat darurat dengan selamat di bandara Juanda, Surabaya. Meski akhirnya, sang pilot Citilink, Captain Boy Awalia dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit.

Insiden yang mirip dengan kasus tersebut itu pernah terjadi di Amerika Serikat. Penumpang bernama Darren Harrison terpaksa harus menggantikan pilot yang bertugas, karena tiba-tiba saja sang pilot sakit dan tidak berdaya.

"Dia bilang, 'Saya sakit kepala dan merasa berputar-putar. Saya tidak merasa baik-baik saja'. Kemudian saya bilang, 'Apa yang bisa kami lakukan?' Saat itu, dia sudah tidak merespon sama sekali," kisah Darren, seperti dikutip dari NBC Today Show, Minggu (5/6/2022).

Darren lalu merespon dengan cepat. Dia bergerak ke arah kokpit dan melihat pesawat dalam kondisi menukik tajam dan cepat. Darren lalu menarik tuas kemudi dan menariknya perlahan agar pesawat kembali seimbang dan tidak menukik lagi. "Itu adalah gerakan dari logika sederhana," dia menambahkan.

"Jika saya menarik dengan kuat, pesawat akan jatuh. Jika saya terlalu cepat, maka sayap pesawat akan robek. Itu bagian paling mengerikan," katanya.

Oleh petugas ATC, Robert Morgan, Darren diarahkan untuk mendaratkan pesawat di Bandara Internasional Palm Beach di Florida. Robert memberi tahu Darren bahwa semakin mendekat, landasan pacu bandara akan terlihat semakin besar dan besar.

Setelah itu, Robert memberi tahu Darren untuk memperlambat laju pesawat. Akhirnya pesawat pun mendarat dengan selamat. Sang pilot asli sudah mendapat pertolongan medis di RS terdekat.



Simak Video "Pesawat Citilink dari Banjarmasin-Jakarta Mendarat Darurat di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA