Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 25 Jul 2022 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Enggak Biasa! Lapangan Golf Ini Bebaskan Jerapah Hingga Rusa Berkeliaran

Femi Diah
detikTravel
Lapangan golf yang ramah untuk satwa liar
Lapangan golf yang ramah untuk satwa liar (Foto: CNN)
Jakarta -

Lapangan golf ini beda dari yang lain. Memiliki lisensi Asosiasi Pegolf Profesional (PGA), lapangan golf ini membebaskan satwa berkeliaran.

Lapangan golf itu ada di Vipingo Ridge, Kenya. Luas lapangan golf itu 2.500 hektare dan berada di pinggir pantai.

Di Vipingo Ridge, sejumlah satwa liar bebas berkeliaran, sehingga para pegolf bisa bermain bersama semua jenis satwa liar. Itu menjadikan lapangan golf tersebut sebagai satu-satunya lapangan golf berlisensi PGA yang juga jadi tempat satwa liar berkeliaran.

"Sungguh menyenangkan bisa bermain golf dan Anda memiliki satwa liar di sekitar Anda," kata Direktur Vipingo Ridge Saleem Haji seperti dikutip dari CNN.

"Tidak ada yang salah, itu bukan kebun binatang... Memang satwa-satwa itu seharusnya berada di sana," dia menambahkan.

Menteri Margasatwa dan Pariwisata Kenya Najib Balala menyebut Vipingo Ridge adalah contoh sebuah area luas tanah pribadi dapat diubah menjadi suaka atau konservasi hewan Menteri Margasatwa dan Pariwisata Kenya Najib Balala kepada CNN.

Lapangan golf di Kenya ramah untuk satwa liarView dari udara lapangan golf di Kenya ramah untuk satwa liar. (Foto: CNN)

Balala juga menyampaikan harapan hewan seperti kijang dan zebra, yang didatangkan dari negara-negara Afrika lainnya, dapat menemukan tempat yang aman di antara hijaunya lapangan Baobab.

"Tujuan kami adalah untuk menciptakan program pemuliaan satwa, sehingga kami dapat mengembakbiakkan dan meningkatkan keanekaragaman hayati, bersama dengan KWS (Kenyan Wildlife Service), memperkenalkan mereka kembali ke alam liar, ke taman atau ke cagar alam lain dan kawasan konservasi seperti kami," kata Kepala Vipingo Ridge, Alastair Cavenaugh.

"Dengan bertambahnya populasi, konflik manusia-satwa liar hanya akan berjalan satu arah dan menjadi lebih buruk. Jadi, saya pikir ada banyak peluang dan ruang bagi pemerintah untuk bermitra dengan pengembang dan pemilik tanah yang memiliki tanah yang dapat mereka komit. ke cagar alam dan kawasan konservasi untuk menciptakan ruang bagi satwa liar," dia menambahkan.

Sebagai lapangan golf, bahkan dengan lisensi PGA, prioritas Vipingo Ridge, adalah menciptakan pegolf andal. Utamanya, pegolf putri Kenya.

Lapangan golf itu menjadi venue Magical Kenya Ladies Open, sebuah acara di Ladies European Tour, pada bulan Februari 2022. Dalam ajang itu, Esther Henseleit dari Jerman berhasil mempertahankan gelar juara.

Vipingo Ridge berharap akan muncul juara-juara dari akademi PGA yang berlatih di lapangan itu. Diawasi oleh seorang profesional PGA, akademi ini memiliki berbagai peralatan mutakhir.



Simak Video "Beberapa Dekade Dianggap Punah, Badak-badak Berkeliaran di Mozambik"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA