Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Jul 2022 20:12 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Pecahkan Rekor Dunia, Arab Saudi Bangun Gedung Pencakar Langit Kaca

bonauli
detikTravel
The Mirror Line di Kota Neom
The Mirror Line (NEOM)
Neom -

Kota Neom jadi proyek besar Arab Saudi yang telah ditunggu-tunggu dunia. Di dalamnya, Arab Saudi bakal kasih kejutan dengan membangun gedung pencakar langit.

The Mirror Line, itulah nama dari pencakar langit yang akan dibangun Arab Saudi. Dilansir dari The National dan Al-Jazeera, The Mirror Line bukanlah pencakar langit biasa.

Pencakar langit ini digadang-gadang jadi bangunan terbesar dunia yang terbuat dari kaca. Bayangkan, gedung ini akan dibangun setinggi 490 meter dengan panjang 120 km.

Bukan cuma satu, The Mirror Line akan terdiri dari dua bangunan! Gila, enggak tuh!

The Mirror Line di Kota NeomThe Mirror Line di Kota Neom Foto: (NEOM)

Menurut laporan The Wall Street Journal, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman bahwa proyek giga The Mirror Line bernilai USD 500 miliar. Bangunan ini akan mewujudkan mimpi dari komunitas perkotaan di masa depan.

Desain The Mirror Line akan mengutamakan manusia, memberikan pengalaman hidup perkotaan yang belum pernah terjadi sebelumnya sambil melestarikan alam alias pengembangan keberlanjutan lingkungan.

"Gagasan untuk melapis fungsi kota secara vertikal, memberi kemungkinan bagi orang untuk mengakses dunia tiga dimensi. Ini adalah konsep yang disebut sebagai Urbanisme Tanpa Gravitasi," kata Pangeran Mohammed.

Desain awal The Mirror Line adalah oleh Morphosis Architects yang berbasis di AS, yang didirikan oleh pemenang Penghargaan Arsitektur Pritzker Thom Mayne, dan melibatkan setidaknya sembilan konsultan desain dan teknik lainnya.

Mereka mengusulkan untuk membangunnya secara bertahap dengan membuat struktur sepanjang 790 meter dengan ketinggian bervariasi hingga 490 meter yang akan terhubung dalam satu garis.

Pangeran Mohammed juga mengatakan seluruh jalur pantai sepanjang 170 kilometer di barat laut Arab Saudi akan bebas dari mobil dan jalanan, dengan nol emisi karbon. Untuk lokasi dari The Mirror Line sendiri adalah Teluk Aqaba sampai ke tengah laut.

Batas waktu untuk membangun Neom adalah 2030. The Mirror Line baru mulai dikerjakan pada Januari 2021. Sementara pembangunannya harus dilakukan secara bertahap dan bisa memakan waktu 50 tahun untuk menyelesaikannya!



Simak Video "Arab Saudi Resmi Cabut Larangan Warganya Bepergian ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA