Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Jul 2022 19:41 WIB

TRAVEL NEWS

Unggul di Bidang Parekraf, Presiden Jokowi Targetkan 30 Juta UMKM di 2024

Antara
detikTravel
TWG 2022
Acara Tourism Working Group 2022. (Foto: Kemenparekraf)
Jakarta -

Menparekraf sebut Indonesia punya kapabilitas untuk memimpin dunia di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Dari sisi UMKM, Indonesia sudah capai angka 20 juta.

Dalam pertemuan virtual DIGIWEEK 2022 pada Kamis (28/7/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut Indonesia memiliki kemampuan untuk memimpin dunia dalam menyelesaikan permasalahan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Salah satu buktinya yaitu dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Tourism Working Group (TWG) G20. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia diperhitungkan dunia dalam bidang parekraf.

"Terpilihnya Indonesia sebagai penyelenggara Tourism Working Group (TWG) G20 menjadi kesempatan kita untuk dapat menunjukkan dunia bahwa Indonesia memiliki kapabilitas," kata Sandiaga secara virtual dalam DIGIWEEK 2022 yang digelar Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Kamis (28/7/2022) seperti dikutip dari Antara.

Meski sempat terdampak hebat oleh pandemi COVID-19. Namun Indonesia berhasil menciptakan berbagai peluang di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terutama di bidang-bidang yang berkaitan dengan teknologi.

Salah satunya yaitu populernya tren digital nomad atau pengembara digital. Tren ini memungkinkan para pekerja untuk bekerja di mana pun tanpa terikat oleh waktu dan tempat.

Tren ini muncul akibat kebijakan WFH yang diberlakukan selama pandemi. Membuat bekerja dari kantor tidak lagi menjadi cara utama untuk bekerja.

Indonesia ikut merespon tren ini dengan cukup baik. Sandi mengatakan bahwa pemerintah akan terus mengeksplorasi kota-kota agar bisa menjadi destinasi tujuan digital nomad. Hingga saat ini Bali telah menjadi salah satu destinasi unggulan bagi para digital nomads.

"(Saat ini), Bali menjadi salah satu destinasi favorit digital nomad," kata Sandi.

Selain di bidang pariwisata yang memunculkan digital nomads, transformasi digital juga berpengaruh terhadap perkembangan startup di Indonesia. Menurut laporan Startup Ranking 2022, Indonesia termasuk dalam 10 besar negara dengan startup terbanyak, yaitu sebanyak 2.346 startup.

Tidak hanya itu, ekonomi kreatif dari sisi Usaha Mikro Kecil dan Menengah juga mengalami kenaikan. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 20 juta UMKM di Indonesia.

Meski begitu, target pemerintah tak berhenti di situ. Presiden Joko Widodo telah menargetkan agar Indonesia bisa memiliki 30 juta UMKM terdaftar di tahun 2024.

"Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menargetkan pada akhir tahun 2022 terdapat 20 juta UMKM onboarding masuk ke platform digital. Untuk seterusnya, mencapai target 30 juta UMKM di tahun 2024," kata Sandiaga.



Simak Video "Selamat! Gelar Putri Pariwisata Indonesia 2022 Jatuh Kepada Tania Saputra "
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA