Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 02 Agu 2022 14:05 WIB

TRAVEL NEWS

Tahukah Kamu, Bayi Komodo Akan Tinggal di Pohon Sampai Umur 3-4 Tahun

Wisatawan melihat komodo di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.
Foto: Ilustrasi Komodo (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Loh Liang -

Ada banyak fakta menarik soal Komodo yang mungkin kita belum tahu. Salah satunya, bayi Komodo ternyata akan tinggal di pohon sampai usianya 3-4 tahun. Kenapa ya?

Komodo adalah reptil purba yang konon sudah ada sejak jutaan tahun silam. Hewan ini endemik di Nusa Tenggara Timur dan tidak bisa ditemukan di tempat lain di dunia.

Ada banyak fakta menarik soal Komodo. Salah satunya adalah tentang anak-anak Komodo yang ternyata malah menghindar dari induknya.

Usut punya usut, karena ternyata Komodo adalah hewan kanibal yang tidak segan-segan memangsa anaknya sendiri. Bayi komodo yang baru menetas dari induknya secara insting malah akan menghindari induknya.

"Komodo itu hewan kanibal. Anaknya sendiri dia makan. Makanya begitu lahir, komodo akan naik ke atas pohon biar tidak dimakan induknya," kisah Haryono Abdullah, Naturalist Guide yang menemani perjalanan detikTravel di pulau Komodo, Kamis (28/7/2022).

Selama tinggal di atas pohon, bayi Komodo bertahan hidup dengan mengonsumsi hewan-hewan yang ada di sana seperti serangga atau reptil lain yang ukurannya lebih kecil dari dia.

Bayi Komodo hanya sesekali saja turun ke permukaan tanah. Itu juga jika situasi dirasakan aman alias tidak ada komodo dewasa yang berada di sekitarnya.

"Komodo bisa tinggal di atas pohon sampai usia 3-4 tahun. Setelah itu, baru dia turun," imbuh Pak Yono, sapaan akrab guide kami.

Komodo yang masih bayi bentuknya tidak jauh beda dari biawak. Bila dibandingkan dengan Komodo dewasa, warna sisik pada bayi Komodo umumnya lebih berwarna terang.

Pergerakan bayi Komodo juga lebih lincah dibandingkan dengan Komodo dewasa. Dengan secepat kilat, bayi Komodo bisa naik ke atas pohon dengan cakarnya yang tajam.



Simak Video "Kebijakan Tiket TN Komodo Rp 3,75 Juta Tuai Penolakan Keras Warga Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA