Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Agu 2022 10:40 WIB

TRAVEL NEWS

Sambut 17-an, Ratusan Diaspora Gowes Merdeka di San Francisco

Acara gowes sepeda bareng sambut HUT RI ke-77
Foto: Gowes Sepeda di San Francisco (dok.KJRI San Fransisco)
San Francisco -

Berbagai kegiatan untuk menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 digelar di San Francisco, AS. Ada acara gowes bareng yang diikuti para diaspora.

Melalui kegiatan yang bertajuk 'Gowes Merdeka: Go Green Bike', masyarakat setempat dan diaspora Indonesia memadati lapangan Crissy Field, Golden Gate sebagai tempat start dan finish acara bersepeda bersama yang mengelilingi kota San Francisco.

Tidak kurang dari 200 orang masyarakat dan diaspora Indonesia serta warga asing dari berbagai negara termasuk warga lokal AS turut gowes bersama. Jarak tempuh mereka sepanjang 25 mile atau sekitar 40 km.

Mereka datang dari komunitas sepeda dari berbagai wilayah di antaranya Los Angeles, Houston, Sacramento dan San Francisco selaku tuan rumah, serta kalangan asing, termasuk warga lokal, wakil dari pemerintah Federal AS, dan perwakilan diplomatik pemerintah negara asing di San Francisco. Kegiatan olah raga ini merupakan momentum untuk membangkitkan semangat aktivitas masyarakat dan diaspora Indonesia pasca pandemi.

"Setelah jarang bertemu beberapa tahun akibat pandemi, maka dengan momentum menyambut HUT kemerdekaan Indonesia, kita ingin agar masyarakat dan diaspora Indonesia, khususnya pecinta olah raga sepeda di AS bisa bertemu kembali, bersilaturahmi, memperkokoh kerja sama, sekaligus menunjukkan semangat budaya hidup sehat. Semoga Gowes Merdeka menjadi sarana bagi warga untuk semakin memperkuat persatuan dan kerukunan," ujar Konjen Prasetyo Hadi dalam keterangannya, Rabu (3/8/2022).

Acara gowes sepeda bareng sambut HUT RI ke-77Acara gowes sepeda bareng sambut HUT RI ke-77 Foto: (dok.KJRI San Fransisco)

Sementara itu, Ketua Gowes Indo-SF, Surjanto Suradi juga mengungkapkan hal yang serupa. Acara Gowes Meredeka ini digelar pada hari Sabtu (30/7) lalu.

"Kegiatan sepeda bersama ini adalah untuk menjaga agar tubuh kita tetap prima sekaligus sebagai sarana untuk memeriahkan perayaan HUT kemerdekaan Indonesia di San Francisco," kata Surjanto yang juga seorang arsitek itu.

Acara gowes sepeda bareng ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi standar protokol kesehatan. Namun hal tersebut tidak mengurangi kemeriahaan. Para peserta yang datang mengenakan kaos dan sepeda yang bernuansa merah dan putih untuk merasakan semangat cinta tanah air dan sebagai ungkap syukur berdirinya negara Indonesia ke-77.

Salah satu peserta gowes, Ake Pangestuti, mengemukakan acara sepeda kali ini terasa istimewa. "Beberapa kali saya ikut acara sepeda bareng, baru kali ini ada pihak asing bergabung untuk bersepeda bersama sekaligus menyambut perayaan HUT RI," kata Ketua Alzheimer Indonesia Chapter San Francisco itu.

Antusiasme serupa juga dirasakan oleh Akun Sabharwal, diplomat India yang bertugas pada Konsulat Jenderal India di San Francisco, yang mengapresiasi acara ini sekaligus mengucapkan pesan selamat menyambut kemerdekaan RI tahun ini yang akan jatuh pada 17 Agustus 2022 mendatang.

"Pertama kali ikut kegiatan bersama komunitas dan diaspora Indonesia di San Francisco. Kami senang dan mengucap terima kasih karena dapat berpartisipasi pada acara olah raga dan sosial bersama masyarakat Indonesia," tambahnya.

Acara gowes sepeda bareng sambut HUT RI ke-77Acara gowes sepeda bareng sambut HUT RI ke-77 Foto: (dok.KJRI San Fransisco)

Charles Strickfaden, Kepala Komunikasi dan Humas - Lembaga Layanan Taman Nasional yang bertanggung jawab mengelola seluruh Area Rekreasi Golden Gate, menyempatkan hadir dalam acara tersebut. Dirinya bersama anggota tim Federal Taman Nasional memberikan dukungan penuh bagi acara sosial tersebut dengan memberikan izin penggunaan lapangan Crissy Field - Golden Gate sebagai meeting spot bagi seluruh peserta Gowes Merdeka.

Acara gowes bareng itu jadi semakin menarik dan meriah dengan adanya suguhan beragam kuliner lokal Indonesia, serta iringan berbagai alunan lagu kebangsaan dan nasional yang dibawakan oleh Band Gowes Indonesia - San Francisco. Acara ditutup dengan gerakan flash mob poco-poco yang kompak dan meriah guna menambahkan kecintaan dan mengobati kerinduan para peserta pada budaya bangsa Indonesia.



Simak Video "Helikopter di California Jatuh, Seluruh Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Update Bom Astana Anyar
Update Bom Astana Anyar Selengkapnya