Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Agu 2022 14:01 WIB

TRAVEL NEWS

Kabar Gembira! Jemaah Bisa Kembali Cium Hajar Aswad

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Hajar Ismail dan Hajar Aswad kembali dibuka.
Suasana Kabah setelah pembatas dibuka. (Foto: Dok. Haramain Sharifain/Twitter @hsharifain)
Mekah -

Setelah ditutup selama dua setengah tahun, jemaah kini dapat kembali mengakses area Hajar Ismail dan mencium Hajar Aswad di Masjidil Haram.

Pada Selasa (2/8/2022) malam waktu Arab Saudi, Kepresidenan Umum Dua Masjid Suci Mekah dan Madinah kembali memperbolehkan jemaah untuk mengakses area Hajar Ismail serta mencium Hajar Aswad. Sebelumnya akses ini ditutup selama lebih dari dua tahun akibat pandemi. Lebih tepatnya sejak Februari 2020.

Setelah pandemi, Arab Saudi baru membuka kembali izin untuk jemaah asing pada 14 Juli 2022. Namun pada periode tersebut baik jemaah lokal maupun asing tidak diperbolehkan untuk mengakses area Hajar Ismail dan mencium Hajar Aswad.

Larangan akses ini dilengkapi dengan pemberian pembatas di sekeliling Ka'bah. Sehingga tidak ada jemaah yang bisa melanggar dan memasuki area ini.

Baru pada Selasa malam waktu setempat, pembatas di sekitar area Ka'bah akhirnya dibuka. Seperti yang dilaporkan oleh media pemberitaan resmi dari kedua masjid suci Haramain Sharifain melalui akun Twitternya.

"BREAKING NEWS | Presiden Sheikh Sudais memerintahkan untuk membuka pembatas di sekitar Ka'bah dan mengembalikan akses kepada jemaah dan pengunjung," tulis akun tersebut pada Rabu (3/8/2022) pukul 2:11 WIB.

Setelah pembatas dibuka, pihak Kepresidenan juga mengungkapkan rencana mereka untuk kembali menyelenggarakan salat di area Hajar Ismail. Mereka juga kembali mengizinkan untuk mencium Hajar Aswad. Dengan catatan, kegiatan ini dilakukan dengan tertib dan sehat.

"Di bawah bimbingan Presiden Jenderal Sheikh Abdul Rahman Sudais dan untuk kepentingan memfasilitasi para jemaah, Kepresidenan telah mengembangkan rencana untuk menyelenggarakan salat di Hajar Ismail dan mencium Hajar Aswad dalam suasana yang aman, spiritual dan sehat", kata pernyataan resmi dari Kepresidenan pada Selasa malam, seperti yang dikutip dari Ummid.

Hajar Ismail dan Hajar Aswad kembali dibuka.Antusiasme jemaah setelah pembatas di sekeliling Kabah dibuka. (Foto: Dok. Haramain Sharifain/Twitter @hsharifain)

Akun Twitter Haramain Sharifain juga mengunggah beberapa foto dan video yang menunjukkan antusiasme para jemaah atas dibukanya akses ini. Para jemaah terlihat mengantri untuk menyentuh Kabah dan Hajar Aswad secara langsung.



Simak Video "446 Jemaah Haji Kloter Pertama Debarkasi Surabaya Tiba di Asrama Sukolilo"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA