Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Agu 2022 16:42 WIB

TRAVEL NEWS

Dorong Wisata Halal, Sandiaga Gagas Islamic Tourism Festival di Aceh

Antara
detikTravel
Kunjungan Sandiaga di Aceh
Kunjungan Sandiaga Uno di Aceh. Foto: (dok. Kemenparekraf)
Banda Aceh -

Dalam rangka mempromosikan wisata halal Aceh, Sandiaga Uno canangkan pelaksanaan acara festival wisata halal bertaraf internasional di Aceh.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menerangkan dalam kunjungannya ke Banda Aceh bahwa Aceh adalah pusat wisata halal. Oleh karena itu, ia berencana akan mengadakan gelaran internasional untuk mempromosikan Aceh tahun depan.

"Pariwisata halal episentrumnya ada di Aceh. Maka saya ingin menggagas tahun depan harus ada event internasional di sini," kata Sandiaga Uno di Banda Aceh, Rabu (3/8) seperti dikutip Antara.

Sandi menambahkan Kemenparekraf akan merencanakan kegiatan global Islamic tourism and creative economy festival (pariwisata islam global dan festival ekonomi kreatif) yang akan diselenggarakan di Aceh.

"Ini harus kita clear-kan, dan mari sama-sama kita canangkan 2023 atau 2024 event tersebut kita buat di Aceh, dan mengundang dunia pariwisata," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa gelaran seperti ini perlu dilaksanakan. Agar Indonesia tak lagi berada di bawah Malaysia dalam kategori pariwisata halal.

Diharapkan dengan diadakannya gelaran tersebut, Aceh akan dipandang dunia dengan pariwisata halalnya. Kemudian dapat mengalahkan Malaysia dan Indonesia bisa meraih peringkat pertama dalam pariwisata halal.

"Dunia akan melihat Aceh dan mudah-mudahan pada 2025 kita menduduki posisi satu dari global muslim travel index. Tinggal setingkat lagi kita mengungguli Malaysia," kata Sandi.

Anggota DPR RI asal Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal mendukung penuh rencana ini. Karena rencana tersebut dapat berdampak positif terhadap pariwisata halal di Aceh.

Illiza juga menambahkan bahwa Aceh memiliki gelaran Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) yang akan dilaksanakan secara nasional pada 2023. Menurutnya, akan menjadi sebuah kolaborasi luar biasa jika gelaran internasional tersebut bisa dipadukan dengan PKA. Sehingga PKA juga mendapat promosi di kancah internasional.

"Ini luar biasa kalau kita bisa kolaborasikan PKA dengan global islamic tourism and creative economy festival, PKA bisa diketahui dunia," kata Illiza.



Simak Video "Kasus Anjing Canon, Sandiaga: Wisata Halal Tak Seharusnya Menyakiti!"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA