Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Agu 2022 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Ketika Keturunan Mahsuri Kembali ke Kota Terkutuk di Langkawi

bonauli
detikTravel
Wan Aishah Wan Nawawi keturunan Puteri Mahsuri
Wan Aishah Wan Nawawi keturunan Puteri Mahsuri (Facebook/Nu May)
Langkawi -

Malaysia punya legenda tentang sebuah kutukan yang diberikan karena fitnah dan pembunuhan. Semua bermula dari seorang puteri cantik bernama Mahsuri.

Adalah Mahsuri binti Pandak Mayah, seorang perempuan cantik yang lahir pada awak abad ke-18. Mahsuri lahir dari pasangan Pandak Mayah dan Cik Alang yang adalah pelancong dari Phuket, Thailand.

Pasangan ini hijrah ke Langkawi untuk mengubah nasib. Mulanya mereka bekerja sebagai petani dan mencari rotan, hingga sukses dan mengembangkan bisnis ke perniagaan burung layang-layang padi.

Saking suksesnya, pasangan ini mampu untuk membeli tanah di Langkawi dan disebut sebagai orang berada. Mahsuri kecil pun tak luput dari perhatian karena keelokan rupa dan baik budinya.

Setelah dewasa, nama Mahsuri makin tersohor. Sudah cantik, kaya dan baik hati, siapa pun berangan-angan untuk meminangnya. Kecantikannya sampai ke telinga Wan Yahya atau Dato Pekermajaya yang adalah wakil sultan untuk Langkawi pada masa itu.

Dato Pekermajaya ingin menjodohkan Mahsuri dengan adiknya, Wan Derus. Mahsuri setuju untuk dipinang dan mengandung anak laki-laki.

Namun pada tahun 1803-1843, hubungan antara Kedah-Siam (Phuket saat itu-red) menjadi keruh. Wan Derus harus berperang ke Siang dan meninggalkan Mahsuri. Mahsuri kembali pada orang tua dan membesarkan anaknya seorang diri.

Sampai akhirnya datanglah Deramang, seorang penyair dari Sumatera yang tinggal di rumah orang tua Mahsuri. Karena kepandaiannya memainkan syair dan dendang, warga Langkawi terpukau.

Mahsuri pun sering masuk dalam barisan syair Deramang. Karena hal ini, kakak ipar Mahsuri jadi cemburu dengan popularitas Mahsuri. Dia pun memfitnah bahwa anak yang dilahirkan Mahsuri bukan hasil perkawinan tapi perzinahan dengan Deramang.

Ini membuat warga murka. Mahsuri dan Deramang diadili oleh warga dengan diikatkan pada batang pohon dan hendak dieksekusi.

Mahsuri bersikukuh bahwa anaknya bukanlah hasil perzinahan. Warga tak percaya dan menusuk Mahsuri dengan tombak. Tapi tombak tersebut tak mampu menembus tubuh Mahsuri. Mahsuri hanya dapat dibunuh oleh tombak sakti berupa keris milik nenek moyangnya.

Kota Mahsuri di LangkawiKota Mahsuri di Langkawi Foto: (Lena Ellitan/d'traveler)

Sambil menahan sakit, Mahsuri bersumpah bahwa darahnya tidak akan jatuh ke bumi karena fitnah yang ditimpakan padanya. Mahsuri juga mengutuk Langkawi, katanya pulau tersebut tidak akan tentram sampai keturunannya yang ketujuh.

Tombak sakti ditancapkan ke tubuh Mahsuri. Konon, dengan sumpah yang dilakukan, darah yang keluar berwarna putih.

Seminggu setelah kematian Mahsuri, Wen Derus pulang. Betapa hancur hatinya mengetahui bahwa istrinya difitnah dan dibunuh oleh kakak iparnya sendiri.

Tanpa tedeng aling-aling, Wen Derus pun membawa anaknya untuk keluar dari Langkawi. Percaya atau tidak, setelah kepergian Wan Derus, Langkawi hancur digempur oleh Siam.

Saat ini, lewat sudah keturunan ketujuh dari Mahrusi. Wan Aishah Wan Nawawi, keturunan kedelapan Mahsuri, kembali ke Langkawi.

MahsuriKota Mahsuri Foto: Lena Ellitan/dtravelers

Aisyah tinggal di Phuket dan memiliki nama Thailand Sirintra Yayee dan biasa dipanggil Nong May. Dirinya kembali ke Langkawi untuk liburan bersama keluarga.

Lahir pada tahun 1986, Aishah diyakini sebagai keturunan yang akan mengakhiri kutukan dari Mahsuri. Bukan pertama kali, Aisyah sudah berkali-kali datang ke Langkawi untuk liburan.

"Kali ini cukup istimewa karena dia datang bersama suami dan putranya, Mateen," ujar Mior, pengelola restoran di Langkawi, seperti dilansir dari NST.

Mior mengatakan bahwa Aisyah kerap datang ke restorannya saat liburan ke Langkawi. Mereka juga berkunjung ke beberapa tempat wisata lain seperti Underwater World Langkawi, Makam Mahsuri dan sunset cruise.



Simak Video "Pemilu Buntu, Raja Malaysia Tunjuk Anwar Ibrahim jadi PM"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA