Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Agu 2022 16:45 WIB

TRAVEL NEWS

Yeay! Jakarnaval Hadir Kembali Nih... Gasss

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Presscon Jakarnaval
Presscon Jakarnaval (Yasmin Nurfadila/detikcom)
Jakarta -

Akhirnya Jakarnaval hadir kembali. Tahun ini Jakarnaval fokus angkat kekayaan budaya lokal.

Setelah tertunda dua tahun akibat pandemi, Jakarnaval hadir lagi. Namun, ada yang berbeda dari penyelenggaraannya kali ini.

Jika biasanya diadakan di kawasan Monumen Nasional alias Monas, tahun ini Jakarnaval akan digelar di Sirkuit Formula E di Ancol. Pemindahan lokasi penyelenggaraan ini diharapkan dapat menaikkan kelas Jakarnaval. Agar mendapatkan sorotan dunia internasional.

"Sirkuit itulah yang akan kita persembahkan untuk Jakarta, untuk acara Jakarnaval. Sehingga kita akan menjadi lebih go internasional, go global, dan juga bisa menjadi lebih maju industri pariwisata di Jakarta," kata Direktur Bisnis Jakpro Taufik dalam Talkshow Road to Jakarnaval 2022 di Pasar Seni Ancol, Jumat (5/8/2022).

Perhelatan yang telah ada sejak tahun 2000 ini akan digelar pada tanggal 14 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB. Jakarnaval diadakan untuk memberdayakan masyarakat dan para pelaku industri kreatif Jakarta. Kemudian diharapkan Jakarnaval dapat menjadi salah satu daya tarik wisata Jakarta dan dapat memicu perputaran ekonomi di wilayah sekitarnya.

"Penyelenggaraan event itu sejatinya adalah kita ingin mengangkat, memberdayakan komunitas kreatif. Di mana kotanya hidup, pelaku seni kontemporer, pelaku seni tradisionalnya juga terapresiasi. Juga harapannya menjadi tourist attraction, di mana nanti orang datang, orang spend. Jadi isu ekonominya itu sirkular banget," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata.

Presscon JakarnavalPresscon Jakarnaval di Ancol Foto: (Yasmin Nurfadila/detikcom)

Dalam gelarannya kali ini, Jakarnaval akan menghadirkan parade yang dimeriahkan oleh beragam atraksi menarik. Mulai dari mobil hias, marching band, penari, penyanyi kenamaan Tanah Air, hingga ondel-ondel.

Tahun ini Jakarnaval mengusung tema 'Believe'. Membawa semangat kebangkitan setelah pandemi.

"Jadi Jakarnaval tahun ini Themecraft mengusung tema simpel banget, believe atau percaya. Kenapa percaya karena kita percaya semua dimulai dengan percaya. Kita udah melewati pandemi dan semua tidak dipungkiri mengalami challenge ini. Kita semua percaya pandemi akan selesai. Kita semua percaya hal baik akan terjadi. Nah semangat ini yang kita usung, kita sampaikan ke semua yang akan datang ke Jakarnaval itu," kata Produser Themecraft Entertainment Studio Chris.

Tema ini diaplikasikan langsung pada salah satu ikon Jakarnaval, yaitu mobil hias. Tahun ini Jakarnaval akan menampilkan 5 mobil hias. Masing-masing akan dihiasi menggunakan intellectual property original besutan Themecraft yang menggambarkan tema yang dibawa.

Salah satunya yaitu mobil hias atau float yang mengangkat kerajaan-kerajaan nusantara yang terinspirasi dari Kerajaan Majapahit. Intellectual property dari desain mobil ini diberi nama Guardians of Nusantara, yang membawa tema 'Believe in Power'.

Menurut Chris, Jakarnaval bukan sekadar acara untuk meramaikan Jakarta. Namun menjadi ajang pembuktian bahwa dari sektor pariwisata dan kreatif anak bangsa mampu.

"Acara ini bukan sekadar acara heboh-hebohan. Ini adalah ajang kalau Indonesia itu mampu,"

Warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin menyaksikan kemeriahan Jakarnaval bisa langsung datang ke Sirkuit Formula E, Ancol. Gelaran ini tidak mematok tiket masuk alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Ancol saja.



Simak Video "Ragam Parade dan Kirab Budaya di Jakarnaval 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA