Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 06 Agu 2022 19:35 WIB

TRAVEL NEWS

Berbekal Rp 20 M, Situ Kumuh di Depok Diubah Jadi Tempat Wisata

Sudirman Wamad
detikTravel
Gubernur jabar Ridwan Kamil dan Bonge dalam peresmian revitalisasi Situ Rawa Kalong.
Foto: dok. Humas Jabar
Jakarta -

Depok menyambut wajah baru Situ Rawa Kalong. Situ ini dulunya tempat mancing, kini jadi ruang publik dengan fasilitas lebih lengkap.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (5/8/2022). Anggaran Rp 20 miliar digelontorkan untuk revitalisasi situ atau danau tersebut.

Dalam keterangan yang diterima detikJabar, situ seluas 8,25 hektare itu kini memiliki sarana publik. Namun, tetap tak mengubah fungsi lingkungan. Revitalisasi Situ Rawa Kalong merupakan komitmen Pemprov Jabar menghadirkan ruang publik berkualitas bagi warga.

"Kita berupaya memberikan ruang publik yang berkualitas bagi warga Depok, salah satunya yang kita hadirkan hari ini," kata Ridwan Kamil.

Gubernur jabar Ridwan Kamil dan Bonge dalam peresmian revitalisasi Situ Rawa Kalong.Gubernur jabar Ridwan Kamil dan Bonge dalam peresmian revitalisasi Situ Rawa Kalong. Foto: dok. Humas Jabar

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan Situ Rawa Kalong awalnya hanya berfungsi sebagai irigasi sawah dan tempat memancing warga. Perubahan fungsi di sekitar kawasan juga menyebabkan situ ini sempat kehilangan daya tariknya.

Kini, situ tersebut memiliki gedung aula, floating deck, vertical garden atau taman dinding, taman lansia, pedestrian, area UMKM dan lainnya.

"Dulu susah diakses sekarang mudah. Ada Alun-alun kecil yang mengapung di atas air sangat Instagramable dan bikin bahagia warga Depok," jelasnya.

Sejumlah anak bermain di Situ Rawa Kalong yang belum selesai direvitalisasi di Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (6/3/2022).  Pemprov Jawa Barat menargetkan revitalisasi Setu Rawa Kalong selesai bulan Mei 2022, hal itu dilakukan untuk menjadikan danau yang sebelumnya kumuh menjadi salah satu wisata unggulan di Kota Depok. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.Situ Rawa Kalong saat masih direvitalisasi. Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA

Kang Emil mengungkapkan pihaknya menyediakan catwalk terapung. Hal ini sebagai upaya memberi ruang ekspresi di ruang publik. Warga bisa memanfaatkan inovasi yang belum banyak di Indonesia tersebut untuk melakukan ekspresi busana atau fashion show.

"Inovasi yang utamanya ada panggung yang mengapung di air, itu belum banyak di Indonesia," paparnya.

Syaratnya, warga tetap menjaga ketertiban dan kebersihan, serta mengikuti aturan dari Pemerintah Kota Depok.

"Warga dipersilakan melakukan ekspresi apapun, yang penting jaga ketertiban dan kebersihan. Mau ada lomba lukis, pameran rajut, ekspresi busana atau apapun silakan selama baik dan sesuai aturan di Kota Depok," ucap Kang Emil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) berjalan bersama Bonge (kiri) di atas floating brigde saat peresmian Situ Rawa Kalong di Curug, Depok, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022). Selesainya revitalisasi Situ Rawa Kalong yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti jogging track, tembok mural dan floating brigde bertujuan menjadikan situ sebagai tempat destinasi wisata.Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) berjalan bersama Bonge (kiri) di atas floating brigde saat peresmian Situ Rawa Kalong. Foto: ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil bersama Wali Kota Depok Mohammad Idris menjajal fasilitas floating deck ditemani pesohor Bonge cs. Kang Emil memastikan, fasilitas Situ Rawa Kalong akan terus dilengkapi seperti penambahan bangku dan kamera pengawas di sejumlah titik.

"Anggaran kan kena COVID-19, jadi nanti yang kurang-kurang seperti bangku, CCTV akan ditambah sampai akhirnya lengkap," ujarnya.

Sekadar diketahui, Situ Rawa Kalong direvitalisasi sejak tahun 2020 dengan anggaran Rp 20 miliar selama tiga tahun, Pemprov Jabar merancang Situ Rawa Kalong tak hanya sebagai ruang publik, tapi juga untuk destinasi wisata, sehingga meningkatkan perekonomian warga Depok.

"Total anggarannya Rp 20 miliar, uang rakyat harus kembali ke rakyat," sebut Kang Emil.

Keistimewaan Kota Depok sendiri dibanding kota lainnya, yakni banyaknya situ atau danau. Situ-situ lainnya di Kota Depok akan direvitalisasi secara bertahap. "Kekayaan Depok itu banyak situ atau danau, ini bukan yang pertama, situ yang lain secara bertahap kita perbaiki," ucapnya.

"Banyak dari kami buat warga Depok tercinta, seperti underpass Dewi Sartika, masjid di Margonda, hingga tujuh muara sedang kita desain," kata Kang Emil menambahkan.



Simak Video "Pro-Kontra Masyarakat soal Panggung Apung Situ Rawa Kalong Ditutup "
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA