Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 08 Agu 2022 19:40 WIB

TRAVEL NEWS

Naik Gunung Mont Blanc, Kini Harus Deposit Uang Pemakaman

bonauli
detikTravel
Badai Salju di Mont Blanc
Mont Blanc (Thinsktock)
Chamonix -

Tak cuma Labuan Bajo, Mont Blanc pun kini tengah menaikkan tiket masuknya. Tapi alasannya adalah persiapan pemakaman.

Dilansir dari BBC, Mont Blanc kini mengalami ancaman iklim. Kurangnya salju di musim dingin dan panas luar biasa di musim panas, telah membuat gunung ini tidak stabil.

Celah-celah jadi lebih sulit dilewati. Perubahan iklim juga meningkatkan risiko longsoran di Pegunungan Alpen, karena gletser mencair.

Seorang pemandu ahli di Chamonix yang dikutip oleh kantor berita AFP, Olivier Greber, mengatakan hanya selusin hingga 20 pendaki gunung terampil yang dapat mencapai puncak setiap hari, dibandingkan dengan 100-120 biasanya.

Oleh karena itu, Walikota Saint-Gervais, Jean-Marc Peillex membuat kebijakan baru yaitu menaikkan harga tiket masuk. Tiket masuk baru yang dikenakan adalah Euro 15.000 atau sekitar Rp 227 juta per orang.

Peillex mengatakan bahwa tiket itu akan dijadikan sebagai deposito penyelamatan dan pemakaman.

"Rata-rata biaya penyelamatan di gunung adalah Euro 10.000 dan biaya pemakaman Euro 5.000. Tidak mungkin membebankan biaya tersebut pada pajak," jelas Peillex.

Melalui laman resmi desa Saint-Gervais, pemandu gunung sekarang sudah menolak membawa pendaki di rute Gouter yang terkenal itu. Karena Mont Blanc semakin berbahaya.

Walikota bahkan mengecam para pendaki yang bersikeras untuk naik ke puncak dengan alasan siap mati.

"Saya ingin membuat orang bereaksi untuk memahami bahwa ini sangat berbahaya, hampir bunuh diri namanya kalau memaksakan naik," ucapnya.

Gunung Mont Blanc memiliki 11 puncak yang jadi tujuan pendakian. Saint-Gervais sendiri merupakan salah satu desa di sana. Puncak desa ini saja berada di 4.807 mdpl.

Walikota Peillex ingin sekali menutup jalur Mont Blanc. Namun apa daya, dirinya tak memiliki kekuatan hukum dan membuatnya mengambil keputusan ini.

Dia mengatakan jumlah penyelamatan dan kematian di massif Mont Blanc tidak meningkat tahun ini.



Simak Video "Prancis Dilanda Gelombang Panas, Suhu Capai 40 Derajat Celcius"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA