Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 11 Agu 2022 11:15 WIB

TRAVEL NEWS

AirAsia, Lion Air Group, Siap Terbang ke Luar Negeri dari Belitung

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kedua kanan) didampingi Genaral Manager Bandara Eko Prihadi (tengah) ikut memeriksa
tiket pesawat penumpang seusai secara resmi membuka pengoperasian bandara baru di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (11/1/2017). Terminal baru yang resmi beroperasi pada hari ini nantinya akan mampu menampung 1,5 juta penumpang per tahunnya dari yang sebelumnya hanya 350 ribu penumpang per tahun dan juga diharapkan akan meningkatkan sektor pariwisata dan perdagangan di Kepulauan Bangka Belitung.
Bandara Bangka Belitung Foto: Pool
Belitung -

Untuk memudahkan turis asing, penerbangan langsung menuju Bangka Belitung dari luar negeri akan segera dibuka. Setidaknya sudah ada beberapa maskapai yang berminat.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, maskapai seperti AirAsia dan Lion Air Group sudah ingin membuka penerbangan ke luar negeri dari Belitung.

"Kepastian penerbangan ini akan kami dengar masukan langsung dari Pak Bupati dan Wakil Bupati akan kami koordinasikan dengan Kementerian Perhubungan dan maskapai, kita harapkan dalam waktu singkat ini akan segera dibuka. Sudah ada beberapa maskapai yang menyatakan minat, Air Asia, Lion Air Group ini kita persiapkan finalisasi daripada realisasinya," ujarnya.

Sandiaga mengatakan jumlah penerbangan ini akan ditambah sementara pemerintah akan menyiapkan insentif khusus.

"Karena jumlah pesawatnya ini masih sangat kurang, kita akan memberikan langkah-langkah insentif agar pesawat bisa ditambah, sehingga tingkat ketersediaan kursinya bisa bertambah dan akan menurunkan harga tiket pesawat," jelasnya.

Rencana penerbangan langsung dari dan ke Belitung itu sebelumnya disampaikan Sandiaga saat membuka Pesona Belitung Beach Festival 2022 di kawasan pantai Tanjung Pendam, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu (10/8/2022).

Langkah tersebut diharapkannya mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Terlebih, mendukung event berskala nasional, seperti Pesona Belitung Beach Festival 2022 yang diyakininya dapat memulihkan sektor parekraf Bangka Belitung yang terpuruk selama pandemi covid-19

"Hari ini secara resmi kita membuka Pesona Belitung Beach Festival 2022 setelah tiga tahun ini antusiasme masyarakat luar biasa dan kami melihat bahwa ini adalah kebangkitan ekonomi kita, kita lihat UMKM-UMKMnya juga sudah menggeliat," ungkap Sandiaga Uno.

"Dan saya titip tadi pesan Bapak Presiden bahwa dalam periode ekonomi yang penuh dengan ketidakpastian, kita harus mampu menjawab keresahan masyarakat mengenai inflasi dengan program-program yang memberdayakan masyarakat, sehingga meningkatkan penghasilan mereka," jelas Sandiaga Uno.



Simak Video "Gowes Seru Jelajah Pulau Leebong, Belitung"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA