Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Agu 2022 13:42 WIB

TRAVEL NEWS

Tour of Kemala Belitong, Kompetisi Bersepeda Sambil Berwisata

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Tour of Kemala Belitong
Launching Tour of Kemala Belitong 2022. (Foto: Dok. Tour of Kemala)
Jakarta -

Yayasan Kemala Bhayangkari menyelenggarakan kompetisi bersepeda taraf internasional yang juga menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia. Simak infonya di sini.

Tour of Kemala Belitong 2022 merupakan kompetisi bersepeda internasional yang diadakan oleh Yayasan Kemala Bhayangkari. Selain sebagai kompetisi sepeda, gelaran ini juga menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia.

Acara ini akan digelar pada 17-18 September 2022. Pendaftaran peserta dibuka sejak Rabu, (3/8/2022). Terdapat 600 peserta yang terbagi dalam dua kategori yang dapat berpartisipasi dalam acara ini.

Dua kategori tersebut adalah Bicycle Race 125 km untuk peserta profesional dan Bicycle Tour 56 km untuk mereka yang tergolong dalam non profesional. Tour of Kemala Belitong 2022 ini tidak membatasi kebangsaan peserta. Seluruh pesepeda baik lokal maupun internasional dapat mengikuti kompetisi ini.

Tour of Kemala dicanangkan menjadi agenda tahunan yang diadakan di berbagai wilayah Indonesia. Kegiatan ini mendapat dukungan dari Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI).

Selain itu, kegiatan ini juga rencananya akan didaftarkan ke induk organisasi internasional olahraga sepeda yaitu Union Cycliste Internationale (UCI). Agar menjadi bagian dari UCI Grandfondo.

Tour of Kemala mengusung tema 'Bersinergi untuk Negeri'. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk untuk meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda dan mencari bibit atlet sepeda nasional.

Tidak hanya itu, Tour of Kemala Belitong 2022 juga bertujuan untuk menarik pandangan mata Indonesia dan dunia ke Belitung, sebagai salah satu pulau terindah Indonesia dengan potensi wisata luar biasa serta produk UMKM lokal yang unggul.

"Acara ini menjadi salah satu bagian dari olahraga pariwisata, yang dimaksudkan untuk mengangkat destinasi atau pun wisata yang ada di Kepulauan Belitung. Selain itu, untuk mendorong bangkitnya kembali semangat masyarakat setelah dunia pariwisata menghadapi banyak tantangan selama pandemi Covid 19," kata Ketua Pengurus Pusat Yayasan Kemala Bhayangkari sekaligus Ketua Pelaksana Tour of Kemala Winny Agung Budi Maryoto, dalam rilisnya.

Winny juga mengungkapkan bahwa Belitung dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan perdana karena memiliki panorama alam serta fauna yang indah. Selain itu, Belitung juga telah ditetapkan UNESCO sebagai Global Geopark karena keunikan gugus pantai serta bebatuannya.

Menurut Winny, Tour of Kemala Belitong 2022 memiliki kondisi lingkungan dan keamanan yang mendukung. Tak lupa rute balap yang menantang bagi para atlet. Sehingga dapat menjadi ajang yang tepat untuk menjaring potensi atlet muda serta menggerakan perekonomian masyarakat sekitar rute balapan.

"Kegiatan ini untuk mempromosikan keindahan alam Belitung sebagai destinasi wisata olahraga sepeda, ajang pencarian bibit baru atlet sepeda, serta membantu kebangkitan ekonomi daerah. Belitung memang punya banyak kelebihan, selain untuk wisata, juga untuk olahraga sepeda terutama kondisi jalan tidak krodit. Apalagi nanti pesertanya terbatas 600 orang jadi kami akan menikmati gowes yang sesungguhnya," kata Winny.



Simak Video "Panorama Indah Pulau Lengkuas Belitung"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA