Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 11 Agu 2022 14:10 WIB

TRAVEL NEWS

Seoul Dilanda Banjir Besar, Rumah 'Parasite' Dilarang Ditinggali

Putu Intan
detikTravel
Mereka yang Tinggal di Banjinha, apartemen sempit di film Parasite
Banjiha di Parasite. Foto: (BBC)
Seoul -

Banjir besar yang melanda ibu kota Korea Selatan, Seoul membuat pemerintah memberlakukan kebijakan baru. Warga dilarang tinggal di rumah seperti di film Parasite.

Traveler yang pernah menonton film Parasite pasti ingat rumah atau flat kecil yang menjadi tempat tinggal warga miskin di Korea Selatan. Dalam film itu, ada juga adegan Seoul dilanda banjir yang menyebabkan flat semi-basement (dalam bahasa Korea disebut banjiha) itu terendam.

Kenyataannya, banjir seperti di film itu juga melanda Seoul beberapa hari lalu. Orang-orang yang tinggal di banjiha juga turut menjadi korban.

Pada Senin (8/8/2022) malam, dua saudara perempuan berusia 40-an dan seorang gadis berusia 13 tahun ditemukan tewas di banjiha mereka yang terendam banjir. Mereka dilaporkan mencari bantuan karena rumah mereka dipenuhi air, tetapi penyelamat tidak dapat menjangkau mereka.

Mereka yang Tinggal di Banjinha, apartemen sempit di film ParasiteMereka yang Tinggal di Banjiha, apartemen sempit di film Parasite Foto: (BBC)

Karena kejadian ini, pemerintah tidak akan lagi memberikan izin untuk membangun rumah di dataran yang rendah seperti itu lagi. Dilansir dari Yonhap, para pejabat akan merevisi undang-undang supaya larangan penggunaan ruang bawah tanah atau semi-basement untuk perumahan tak lagi dilakukan.

"Perumahan bawah tanah dan semi-bawah tanah mengancam mereka yang rentan dalam semua aspek," kata Wali Kota Seoul Oh Se-hoon.

Kebijakan tersebut berlaku mulai pekan ini dan secara bertahap akan mengubah rumah-rumah itu. Seoul memberikan waktu bagi pemilik banjiha untuk mengubahnya menjadi penggunaan non-perumahan seperti tempat penyimpanan atau tempat parkir.

Seperti diberitakan sebelumnya, Seoul dilanda hujan terlebat selama 80 tahun terakhir. Hingga Rabu (10/8/2022) sedikitnya 11 orang meninggal atau hilang akibat banjir yang berlangsung selama 3 hari.

Mereka yang Tinggal di Banjinha, apartemen sempit di film ParasiteMereka yang Tinggal di Banjiha, apartemen sempit di film Parasite Foto: (BBC)

Tragedi ini juga menjadi tamparan bagi pemerintah akan ketimpangan pendapatan dan biaya sewa rumah yang tinggi di Seoul. Orang-orang terpaksa menyewa banjiha karena harganya murah.

Sementara itu pihak berwenang juga akan memberikan dukungan bagi penyewa banjiha yang ada untuk pindah ke perumahan sewa umum.



Simak Video "Korsel Banjir, Seoul dan Gangnam Jadi Trending di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA