Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Agu 2022 15:10 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Pegawai Money Changer di Bali Diduga Tilep Duit Turis Korea

Dolar Amerika Serikat (AS) terus mencatatkan penguatan. Pagi ini saja, dolar AS sudah bertengger di Rp 14.027 yang merupakan posisi tertinggi sejak awal tahun.
Foto: Ilustrasi uang dollar AS (Selfie Miftahul Jannah/detikcom)
Gianyar -

Beredar viral di media sosial video tentang seorang pemandu wisata di Bali yang marah-marah ke pegawai Money Changer. Pegawai itu diduga mengambil uang yang sudah ditukarkan turis.

"Sing keto carane ngalih gae nah. Cang kenyel-kenyel nyervis tamu uli tuni. Ne tongosne di Ceking. Ne jeneng jelemane toh. (Jangan begitu caranya mencari kerja. Saya capek-capek men-service wisatawan dari tadi. Ini tempatnya di Ceking. Ini tampang manusianya)," kata sang guide di video tersebut.

"Sing, de keto carane ci megae. Ci megae Cang megae masih nah. (Bukan begitu caranya kamu bekerja. Kamu bekerja saya bekerja juga)" kata guide itu lagi sembari memukul papan money changer.

Kejadian tersebut diduga terjadi di Objek Wisata Ceking, Desa/Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar. Kapolsek Tegallalang, AKP I Ketut Sudita, membenarkan adanya insiden guide marah-marah lantaran pegawai money changer diduga menilep uang yang ditukar wisatawan

Menurut Sudita, insiden bermula ketika guide itu mengantarkan tamunya, seorang wisatawan asal Korea untuk menukarkan uang di money changer yang berlokasi di Objek Wisata Ceking.

Turis Korea itu bilang bahwa dia mau menukar mata uang asing sebesar 300 USD, dengan pecahan $100 sebanyak tiga lembar. Nilai tukar disepakati Rp 14.875 per dollarnya.

Setelah selesai menukar uang, sang guide bersama turis Korea itu menuju ke obyek wisata Aloha Ubud Swing. Saat berada di sana dan hendak melakukan pembayaran, si turis merasa curiga karena uang rupiah hasil penukaran uang dollarnya di money changer kok jumlahnya kurang.

Jumlah uang yang semestinya diterima turis Korea tadi sebesar Rp 4.462.500. Namun uang rupiah yang diterima tamu kurang Rp 1 juta. Diduga pelakunya adalah pegawai Money Changer tadi.

"Awalnya karyawan money changer sempat mengelak dan mengaku telah memberikan uang lengkap kepada tamu dan pihak tamu juga telah menghitungnya. Namun setelah ditanya kembali dengan nada emosi dan mengancam akan diviralkan, akhirnya karyawan tersebut mengaku salah hitung," terang Sudita.

Akhirnya, uang rupiah yang diterima oleh turis Korea dikembalikan ke money changer dan uang dollar milik tamu sejumlah 300 USD dikembalikan oleh pegawai money changer nakal itu.


----


Artikel ini telah naik di detikBali dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Modus Penipuan Oknum Money Changer Nakal di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA