Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 12 Agu 2022 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Situ Rawa Kalong di Depok: Dulu Semak Belukar, Sekarang Cantik untuk Foto-foto

Syanti Mustika
detikTravel
Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah meresmikan Situ Rawa Kalong di Kota Depok. Namun saat ini jembatan atau panggung apung di situ tersebut digembok.
Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Situ Rawa Kalong menjadi daya tarik baru untuk warga Depok. Setelah diresmikan Ridwan Kamil minggu lalu, tempat ini mulai ramai pengunjung.

Selain wajah baru, daya tarik dari danau di Depok ini adalah panggung apungnya. Saat peresmian, Ridwan Kamil dan Bonge bergoyang di atasnya membuat video TikTok.

Namun setelah peresmian, akses menuju jembatan apung pun dikunci dengan gembok. Hal ini menimbulkan kekecewaan kepada para pengunjung yang memang niat datang ingin mencoba jembatan apung tersebut.

Kali ini kita tidak akan membahas kenapa jembatan apung ini ditutup. Namun traveler harus tahu nih, perubahan besar yang terjadi pada Setu Rawa Kalong.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah meresmikan Situ Rawa Kalong di Kota Depok. Namun saat ini jembatan atau panggung apung di situ tersebut digembok.Pengunjung berfoto di Situ Rawa Kalong di Kota Depok. Foto: Rengga Sencaya

Kata warga, dulunya danau ini kumuh dan dipenuhi oleh semak belukar. Dengan adanya revitalisasi ini danau berubah menjadi lebih indah dan jadi tempat wisata.

"Kalau saya sebagai warga senang ya karena tadinya tempat ini terlalu kumuh banget, tidak terpelihara, terus semak di mana-mana. Yang kita takutkan adalah ada hewan buas yang nantinya bisa masuk ke pemukiman warga," ujar Alex, warga yang ditemui detikcom di Setu Rawa Kalong.

"Dulu setu ini daerah rawan, namun karena revitalisasi ini menjadi terbalik. Sekarang menjadi tempat wisata," dia menambahkan.

Informasi untuk traveler, dulu area danau disebut angker sampai-sampai warga takut untuk mendekat, tetapi kemudian menjadi area favorit mancing.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah meresmikan Situ Rawa Kalong di Kota Depok. Namun saat ini jembatan atau panggung apung di situ tersebut digembok.Jembatan apung di Situ Rawa Kalong di Kota Depok. Foto: Rengga Sencaya

Sayangnya lama-kelamaan situ menjadi dangkal dan airnya tercemar. Katanya dulu banyak bangau dan belibis mencari makan di kawasan danau, namun makin lama hilang begitu saja.

Dalam rilis Pemprov Jawa Barat kepada detikcom, revitalisasi danau ini merupakan komitmen Pemprov Jabar untuk menghadirkan ruang publik berkualitas untuk warga. Adapun dana yang dihabiskan untuk merevitalisasi danau seluas 8,25 hektare mencapai Rp 20 miliar.

Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Nantinya akan ada fasilitas di Situ Rawa Kalong gedung aula, floating deck, vertical garden atau taman dinding, taman lansia, pedestrian, area UMKM, alun-alun kecil yang instagramable, dan catwalk terapung.

Setu Rawa KalongSetu Rawa Kalong Foto: (Syanti/detikcom)

Pantauan detikcom saat berkunjung langsung ke Seru Rawa Kalong, akses menuju panggung apung memang masih dikunci. Juga fasilitas toilet umum juga belum dibuka.

Namun para warga tetap bisa berkunjung dan menikmati suasana di sekitar danau. Terlihat juga beberapa warga memancing di danau.

Di sebagian dinding danau pun juga dihiasi mural-mural lucu yang berwarna-warni. Salah satu gambar di sana tentu saja Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Bisa nih selfie dengan altar gambar Ridwan Kamil.



Simak Video "PKS Tepis PDIP: Kerukunan Beragama di Depok Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA