Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 14 Agu 2022 16:40 WIB

TRAVEL NEWS

Tahukah Kamu, Inilah Rute Kereta Api Pertama di Indonesia

Stasiun yang menjadi rute pertama kereta api di Indonesia.
Foto: Stasiun perjalanan kereta pertama di Indonesia (Angling Adhitya Purbaya/detikJateng)
Semarang -

Tahukah kamu, sudah 1,5 abad kereta api hadir di Indonesia. Perjalanan perdana si roda besi dimulai sejak masa kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1867.

Penggunaan rel di Indonesia pertama kali sebenarnya bukan oleh kereta api, melainkan gerobak atau gerbong yang ditarik kuda pada tahun 1813 di Tegal, Jawa Tengah.

Dalam buku Selayang Pandang Sejarah Perkeretaapian Indonesia 1867-2014 yang ditulis oleh Ibnu Murti Hariyadi, disebutkan pemasangan rel digunakan untuk memudahkan distribusi panen tebu menuju pabrik pengolahan. Tahun 1849, pemasangan rel di Tenggarong-Banjarmasin digunakan untuk transportasi batu bara.

Pembangunan jalur untuk kereta api pada awalnya penuh dengan pro kontra pemerintahan Hindia Belanda. Tahun 1860 grup dari perusahaan perkebunan Poolman mengajukan proposal konsesi kereta api rute Semarang-Pecarongan-Gubug Purwodadi-Surakarta-Yogyakarta.

Tahun 1862 , Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr L.A.J.W Baron Sloet van de Beele menyetujui proposal dari Poolman namun dengan perubahan rute menjadi Semarang-Surakarta -Yogyakarta-Brosot dan lintas cabang di Kedungjati menuju Fort Willem, Ambarawa.

Kemudian di tahun 1963, perusahaan Kereta Api pertama di Indonesia didirikan oleh swasta yaitu Poolman dan perusahaan lain dengan nama Nederlansch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM).

Pada Jumat, 7 Juni 1864 Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr L.A.J.W Baron Sloet van de Beele melakukan pencangkulan pertama untuk jalur kereta api pertama di Desa Kemijen, Semarang. Jalur yang dibangun adalah Semarang-Surakarta-Yogyakarta.

"Pembangunan jalur kereta api dengan lebar sepur 1.435 mm ini dilaksanakan oleh Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Lintas Semarang sampai Tanggung dirampungkan pada 10 Agustus 1867. Semarang dapat dikatakan sebagai kota kereta api penting, tempat kelahiran kereta api di Indonesia," kata Kepala Daop 4 Semarang, Wisnu Pramudyo saat napak tilas 155 tahun perkeretaapian Indonesia di stasiun Tanggung Grobogan, Rabu (10/8/2022).

Jalur KA Pertama di Indonesia

Stasiun Samarang, menjadi tonggak sejarah perkeretaapian di Indonesia. Namun jejak stasiun itu saat ini minim sekali karena tanah yang sudah meninggi dan lokasinya sudah berupa pemukiman bernama Kampung Spoorland.

"Stasiunnya waktu itu Stasiun Samarang ada di dekat pelabuhan namanya Spoorland. Bekas-bekasnya, tinggal sedikit sekali," kata sejarawan, Tjahjono Rahardjo.

Saat detikJateng mendatangi kampung Spoorland, sejumlah warga tidak mengetahui letak sisa-sisa Stasiun Samarang. Mereka justru menunjuk bangunan yang dulu menjadi gudang yaitu Semarang Gudang yang saat ini sudah tidak berfungsi. Bahkan jarak dengan rel yang masih dioperasikan sekitar 100 meter lebih.

Jalur kereta pertama yaitu dari Stasiun Samarang ke Stasiun Tanggung Grobogan dengan jarak 25 kilometer. Stasiun Tanggung termasuk stasiun pertama yang kondisi bangunannya masih bagus hingga sekarang, kemudian menyusul Stasiun lainnya. Dalam napak tilas 155 tahun perkeretaapian, para peserta napak tilas melintas mulai dari Stasiun Tawang Semarang, Alastua, Ngrombo, dan Tanggung yang merupakan jalur kereta pertama.

"Selanjutnya, NISM melanjutkan pembangunan jalur kereta api ke daerah Vorstenlanden (Yogyakarta dan Surakarta) dan selesai tahun 1872," jelas Wisnu.

Lokomotif pertama yang melintasi rel tersebut adalah dua lokomotif uap buatan pabrik Borsig, Jerman. Lokomotif itu juga digunakan untuk membantu pembangunan jalur kereta api dan berlatih.

Jalur kereta api terus berkembang dengan dibuatnya jalur Pasar Ikan-Batavia-Gambir tahun 1871. Kemudian Jakarta - Bogor tahun 1873. Pemerintahan saat itu pada tahun 1875 mendirikan Dinas Kereta Api Negara Staatsspoorwegen (SS). Jalur kereta api militer pertama pun dibuat di Banda Aceh-Ulee Lheue tahun 1876.


----

Artikel ini telah naik di detikJateng dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Rayakan Agustusan! Beli Tiket Kereta Api Mulai Rp 17 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA