Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Agu 2022 14:17 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Uno Jadi Pembina Upacara Bendera HUT RI di Pulau Untung Jawa

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno pimpin upacara bendera HUT RI ke-77 di pulau Untung Jawa. (Yasmin/detikcom)
Jakarta -

Ada yang berbeda dari perayaan kemerdekaan tahun ini. Para pejabat kementerian diperintahkan presiden untuk merayakan di lokasi kerja masing-masing.

Jika biasanya para pejabat pemerintahan ikut menggelar upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, tahun ini Presiden Joko Widodo memerintahkan para menteri untuk merayakannya di lokasi tugas mereka. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memilih untuk merayakan di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

"Baru saja kita mengikuti upacara detik-detik hari kemerdekaan, detik-detik proklamasi langsung dari destinasi unggulan Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu. Tentunya ini mengikuti arahan dari bapak presiden untuk hadir menyapa masyarakat langsung di tiap sentra-sentra tugas dan fungsi masing-masing kementerian," kata Sandiaga kepada media di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Amiterdam Pulau Untung Jawa, Rabu (17/8/2022).

Kepulauan Seribu dipilih menjadi lokasi perayaan karena baru saja ditetapkan sebagai salah satu proyek strategis nasional. Kemudian Sandi juga menuturkan selain karena dekat, Kepulauan Seribu juga ia pilih untuk bernostalgia saat ia menjabat di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Sengaja kementerian memilih Kepulauan Seribu karena baru saja Kepulauan Seribu ditetapkan jadi proyek strategis nasional khusus pariwisata. Karena ini letaknya dekat dengan pusat ekonomi di Jakarta dan sekaligus untuk bernostalgia karena pernah tugas di Pemprov DKI Jakarta," ujar Sandi.

Di Pulau Untung Jawa, Sandi yang didampingi oleh Bupati Kepulauan Seribu serta segenap jajaran Dinas Pariwisata Kepulauan Seribu merayakan kemerdekaan dengan menyaksikan upacara kemerdekaan serta detik-detik proklamasi yang disiarkan langsung dari Istana Merdeka. Tak hanya itu, Sandi juga menyempatkan diri untuk melihat langsung kemeriahan tradisi lomba 17 Agustus yang diadakan di Pantai Sakura, Pulau Untung Jawa.

Selain untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, kunjungan ini juga dimaksudkan untuk memantau langsung perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Pulau Untung Jawa. Hal ini dilakukan untuk memastikan destinasi-destinasi unggulan Indonesia dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Sesuai dengan tema yang diusung pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 ini.

"Kebetulan kami bertugas di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kita melihat bagaimana geliat dari ekonomi yang mulai meningkat terutama di saat kita berjuang menghadapi pandemi. Bagaimana produk-produk ekonomi kreatif unggulan dari UMKM-UMKM ini terus kita berikan support, upaya peningkatan, dan juga pengembangan agar masyarakat ekonominya pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," ujarnya.

Berdasarkan pantauannya, Sandi melihat masyarakat setempat sudah memiliki semangat untuk bangkit. Namun, ia juga mengatakan bahwa kebangkitan ini perlu dukungan dari semua pihak. Agar pariwisata dan ekonomi, terutama dari sisi lapangan kerja dapat memenuhi target yang telah ditentukan.

"Dapat kami laporkan semangat dari masyarakat di sini yang mungkin sudah di atas 50-60 persen pulihnya dibandingkan dengan sebelum Covid. Tentunya ini butuh dukungan seluruh pihak agar lapangan kerja semakin pulih tercipta dan menjadi bagian dari terciptanya 1,1 juta lapangan kerja baru di 2022. Dan di 2024 target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandi.

Berkaitan dengan kunjungan yang dilakukan Sandiaga, Bupati Kepulauan Seribu Junaedi berterima kasihnya karena telah memilih Kepulauan Seribu. Ia berharap dengan kehadiran Sandiaga promosi pariwisata dan ekonomi kreatif di Pulau Untung Jawa dapat meningkat. Serta Kepulauan Seribu dapat lebih dikenal sebagai salah satu destinasi berkelas dunia.

"Saya atas nama bupati dan warga masyarakat Kepulauan Seribu mengucapkan banyak terima kasih pada bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah berkenan hadir di Pulau Untung Jawa untuk mengikuti upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. Mudah-mudahan kehadiran bapak menteri langsung di Pulau Untung Jawa ini dapat meningkatkan promosi wisata dan ekonomi kreatif. Sehingga Pulau Seribu lebih dikenal menjadi salah satu kawasan pariwisata berkelas dunia," kata Junaedi kepada media dalam kesempatan yang sama.



Simak Video "Kabar Baik! Kunjungan Wisman ke RI Meroket Hingga 40 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA