Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 18 Agu 2022 19:04 WIB

TRAVEL NEWS

Asyik! Ada Kereta Panoramic Pertama di RI, Serasa Naik Mobil Mewah

Putu Intan
detikTravel
Kereta Panoramic
Foto: Balai Pengujian Perkeretaapian
Jakarta -

Ada kabar baik nih dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Perusahaan BUMN ini bakal meluncurkan kereta panoramic yang memanjakan mata penumpang. Wah bakal serasa naik mobil mewah nih.

Kereta panoramic pertama di Indonesia ini merupakan hasil modifikasi dari kereta kelas eksekutif. Dilihat detikcom dari akun @balaipengujianka, Kamis (18/8/2022) sekilas modifikasi terlihat dari kaca-kaca dan atap kereta yang dapat dibuka sehingga terlihat jelas pemandangan di luar kereta.

"Kereta dilengkapi sunroof dan ukuran kacanya lebih besar. Jadi bisa melihat pemandangan lebih luas," kata akun tersebut.

Saat ini, kereta tersebut masih diuji coba pertama sesuai Peraturan Menteri Perhubungan PM No. 15 Tahun 2011. Pihak yang melakukan pengujian adalah Tim Penguji Sarana Perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian.

[Gambas:Instagram]



Pengujian dilakukan secara statis maupun dinamis. Beberapa yang diuji adalah uji rancang bangun, uji dimensi, uji intensitas cahaya, uji sirkulasi udara, uji kebisingan, uji temperatur bearing dan uji kebocoran.

"Semua harus diuji untuk memastikan kereta ini laik operasi, aman dan nyaman saat digunakan," ujar akun itu.

Konsep kereta panoramic sebenarnya sudah lebih dulu eksis di Eropa, salah satunya Swiss. Kereta ini menjadi objek wisata yang wajib dijajal ketika liburan ke Swis.

Salah satu kereta yang paling sering ditumpangi wisatawan adalah Bernina Express. Kereta ini beroperasi sepanjang tahun sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan aneka musim termasuk musim dingin dan musim semi.

Jalur-jalur yang dilewati juga menarik mulai dari pegunungan, lembah, desa, danau, hingga gletser. Objek yang paling ditunggu-tunggu wisatawan adalah Pegunungan Alpen yang menjadi ikon Swiss.



Simak Video "KAI Expo 2022 Suguhkan 77 Ribu Promo Tiket Kereta Api"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA