Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 19 Agu 2022 10:42 WIB

TRAVEL NEWS

Unggulkan Sanur Village Festival, Sandiaga: Harus Dikembangkan

Antara
detikTravel
Sandiaga Uno membuka Sanur Village Festival 2022.
Sandiaga Uno di Sanur Village Festival. Foto: ANTARA
Denpasar -

Sandiaga Uno membuka kegiatan Sanur Village Festival. Ia berharap acara ini terus dikembangkan karena mendatangkan banyak wisatawan dan pendapatan.

Kamis (18/8/2022) malam, Sandiaga Uno membuka Sanur Village Festival atau Sanfest ke-15. Sanfest merupakan salah satu kegiatan yang termasuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN).

KEN merupakan salah satu program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Program ini berfokus pada berbagai kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

"KEN ada yang berskala daerah, nasional, dan internasional, jadi internasional seperti G20 dan Moto GP, tapi ada acara-acara nasional jadi Sanfest ini nasional, setingkat lagi bisa menjadi internasional yang akan melibatkan lebih banyak kunjungan wisman," ujar Sandiaga Uno di Denpasar, Kamis malam, seperti dikutip dari Antara.

Selain Sanur Village Festival, terdapat enam gelaran lain di Bali yang berhasil masuk dalam KEN. Enam lainnya yaitu Denpasar Festival, Pesta Kesenian Bali, Bali Spirit Festival, Ubud Village Jazz Festival, Pemuteran Bay Festival, dan Penglipuran Village Festival.

Menurut Sandi, gelaran Sanur Village Festival ini merupakan salah satu kegiatan yang membantu mendorong pertumbuhan pariwisata. Karena festival ini menarik perhatian banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

"Salah satu yg bekerja keras menjadikan pariwisata kita lebih maju adalah Sanur Village Festival 2022 yang berhasil masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) dan ini adalah event berskala nasional dan internasional," kata Sandiaga.

Sandi juga menyampaikan bahwa festival musik yang disertai pameran UMKM ini memiliki dampak besar. Festival seperti ini tidak hanya mendatangkan wisatawan, tetapi juga berkontribusi terhadap pendapatan. Oleh karena itu, ke depannya festival ini akan terus dikembangkan.

"Sanur Village Festival 2022 menjadi promosi pariwisata Bali dan ekonomi kreatif dengan semangat G20 recover together recover stronger. Kami memiliki data di mana kontribusi PDB ekonomi kreatif Rp 4,8 triliun di tahun 2020 dan kalau kita lihat festival musik ini memiliki peran yang sangat besar," kata Sandiaga.

Sandi kemudian mengungkapkan bahwa festival musik memberikan sumbangan pendapatan yang luar biasa besar. PDB dari kuliner sebesar Rp 455 triliun, kriya Rp 166 triliun, serta dari musik itu sendiri sebesar Rp 4,8 triliun.

Ia berharap ke depannya Sanur Village Festival dapat menghadirkan keunikan serta membantu mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di sekitarnya.

"Pariwisata dan ekonomi kreatif Sanur ini penuh dengan potensi wisata bahari, kuliner, budaya, kriya dan saya harapkan Sanur Village Festival 2022 akan memunculkan keunikan dan kreatifitas lokal," ujar Sandiaga.



Simak Video "Kabar Baik! Kunjungan Wisman ke RI Meroket Hingga 40 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA