Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 19 Agu 2022 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Kenalan dengan 'Baginda Raja' Kucing Oyen dari Jepang

Syanti Mustika
detikTravel
Sanjuro, kucing penguasa Kastil Bitchu Matsuyama
Sanjuro (dok Kastil Bitchu Matsuyama)
Jakarta -

Kastil di Jepang ini punya cara menarik mempromosikan wisatanya. Mereka punya maskot seekor kucing oren menggemaskan. Kenalan yuk!

Tentu traveler tidak asing dengan candaan bagaimana nakalnya kucing oren atau oyen di antara kucing-kucing lainnya. Kucing ini dianggap sebagai kasta tertinggi dalam bersikap jahil.

Di Jepang, kucing yang sama dijadikan maskot sebuah kastil. Bahkan kehadirannya menjadi daya tarik baru bagi wisatawan untuk 'bela-belain' datang ke sini.

Dilansir dari Fodor's, Jumat (19/8/2022) kucing ini bernama Sanjuro dan dia 'bertugas' di Kastil Bitchu Matsuyama yang terletak sekitar 20 mil dari kota Okayama. Namanya pun juga mengandung arti lho.

Sanjuro, kucing penguasa Kastil Bitchu MatsuyamaSanjuro, kucing penguasa Kastil Bitchu Matsuyama Foto: (dok Kastil Bitchu Matsuyama)

Kucing ini dinamai Sanjuro Tani, prajurit menakutkan yang memimpin pasukan Takahashi dari Shinsengumi, pasukan polisi Jepang berumur pendek dan misterius yang bertugas memadamkan pemberontakan dan mengeksekusi pembangkang pada tahun 1860-an. Selain nama kehormatan, Sanjuro juga punya prangko khusus seharga USD 3 yang menampilkan cetakan kakinya.

Dalam websitenya, kastil menceritakan bagaimana awal pertemuan mereka dengan kucing ini. Sanjuro pertama kali datang ke kastil pada tahun 2018 di tengah badai besar. Setelah menjadi populer di kalangan warga lokal dan turis, Sanjuro sempat menghilang pada November 2018.

Sebulan kemudian dia kembali ditemukan dan otoritas Takahashi merayakannya dengan mengadakan upacara dan memberinya gelar 'Lord'.

Bagi turis yang ingin bertemu dengan Lord Sanjuro, datang saja ke kastil pada pukul 10 pagi- 2 siang. Pada jam-jam itu, Sanjuro berkeliling kastil. Dalam website juga disebutkan bagi yang ingin bertemu Lord harus berkonsultasi dulu dengan penjaga untuk mengetahui lokasi dan kondisinya.

Lord Sanjuro juga punya Instagram lho dan juga memiliki pengikut lebih 11 ribu akun.

Informasi untuk traveler, kastil Bitchu Matsuyama merupakan salah satu benteng tertua di Jepang. Benteng ini dibangun untuk konflik kekerasan karena Jepang pada periode 1400-an hingga akhir 1500-an Jepang berada dalam keadaan kacau selama Periode Negara-Negara Berperang.

Sanjuro, kucing penguasa Kastil Bitchu MatsuyamaSanjuro, kucing penguasa Kastil Bitchu Matsuyama Foto: (dok Kastil Bitchu Matsuyama)

Jadi memang tampilan benteng ini tak seperti kastil megah yang besar lainnya di Jepang yang memang dibangun untuk simbol kemegahan. Kastil ini dibangun di atas gunung setinggi 430m dan dirancang sebagai benteng, dengan posisinya yang tinggi dan jalur akses yang curam membantu melindunginya dari serangan.

Era ini melihat banyak panglima perang dan keluarga kuat di seluruh negeri berjuang untuk kekuasaan dan tanah. Sosok-sosok perkasa ini memberi perintah dari balik tembok kastil yang tebal dan tinggi, yang desainnya berkembang selama periode ini untuk memerangi gaya serangan dan persenjataan baru.

untuk bisa ke kastil ini, kamu harus mendaki bukit selama 20 menit dari tempat parkirnya. Tapi tak perlu khawatir, perjalanan kamu dihiasi dengan hutan mempesona yang berubah warna saat mekarnya musim gugur. Nanti juga bisa ketemu Lord Sanjuro juga.



Simak Video "Jepang Buka Wisata Individu Bebas Visa dan Hapus Pembatasan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA