Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 22 Agu 2022 07:42 WIB

TRAVEL NEWS

Kebanyakan Cokelat Itu Ampas, Anak-anak Baiknya Dikasih yang Putih

Cokelat dodol Garut
Cokelat putih dan dark (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Garut -

Apakah traveler masih meyakini bahwa cokelat itu memiliki rasa manis? Ternyata itu salah besar, karena rasa aslinya itu pahit.

Lalu cokelat terbaik bagi anak-anak adalah cokelat putih. Kenapa demikian? Ini alasannya.

Edwin Rinaldi selaku general affair PT Tama Cokelat Indonesia yang juga menaungi Chocodot Garut mengatakan bahwa perusahaannya membuat semua jenis cokelat. Selain isi dodol dan lain-lain, pabrik cokelat itu juga membuat cokelat putih yang manis dan enak.

"Ada semuanya. Karena produk kita ada beberapa segmen," katanya kepada tim detikcom awal Agustus 2022 lalu.

"Kalau mau edukasi semestinya seperti ini, white cokelat itu untuk anak-anak. Karena itu lebih banyak susu. Memang lebih mahal karena memakai lemak kakao," dia menambahkan.

"Yang sehatnya kan bagian itu, lemaknya," dia menjelaskan.

Cokelat dodol GarutCokelat dodol Garut (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Selanjutnya, Edwin mengatakan bahwa kebanyakan cokelat di pasaran adalah ampas. Karena, sarinya tadi sudah digunakan untuk membuat cokelat putih.

"Cokelat itu kan bisa dikatakan ampas. Pasti dark, powder itu dark. Lalu dikasihlah pengemulsi, tambahan lain jadilah cokelat manis," kata dia.

"Kalau pengen jadi milk kasihlah susu yang banyak. Nah kalau mau white cokelat itu susu sama lemak kakao," dia menambahkan.

Jika cokelat putih cocok untuk anak-anak, bagi remaja bisa diberikan cokelat susu. Dan, jika sudah berumur, cokelat hitam pekat sangatlah pas.

"Segemtasinya seperti itu saja. Kemudian market telah dewasa, teenager, dikasihlah milk cokelat," kata Edwin.

"Kalau sudah berumur lebih cocok dikasih dark cokelat. Karena cokelatnya lebih tinggi daripada susu dan bahan lainnya," dia menerangkan.

"Sama seperti kopi, yang digiling bukan digunting. Kopi itu pahit sama kayak kakao, manis karena dikasih gula. Itu yang bikin gemuk," kata dia lagi.



Simak Video "Menyantap Iga Bakar Lezat di Kafe Bernuansa Hutan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA