Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 23 Agu 2022 19:40 WIB

TRAVEL NEWS

Tiket Pesawat Mahal, Sandiaga Sarankan Traveler Naik Kereta-Bus

Syanti Mustika
detikTravel
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno di Kura-kura Bali, Serangan, Denpasar, Bali, Kamis (18/8/2022).
Sandiaga Uno ( Ni Made Lastri Karsiani Putri/detikBali)
Jakarta -

Tiket pesawat yang mahal tentu jadi pertimbangan untuk jalan-jalan. Menparekraf menyarankan untuk bepergian dengan bus atau kereta api.

Kemenparekraf menganjurkan kepada wisatawan agar menggunakan moda transportasi darat dan kereta api (KA), sebagai salah satu solusi dalam menghadapi kendala dalam berwisata akibat melonjaknya harga tiket pesawat.

"Penggunaan moda transportasi darat dengan KA dan bus umum memberikan kontribusi sebesar 20% hingga 30% dari total moda transportasi yang digunakan wisatawan, sementara moda transportasi utama adalah pesawat udara. Terkait kuota, kami optimistis tetap dapat terpenuhi karena pihak-pihak terkait seperti PT KAI telah terbiasa menghadapi kemungkinan lonjakan penumpang dan kami pun terus berkoordinasi untuk dapat mengantisipasi sejak dini," ujar Sandiaga Uno, Selasa (23/8/2022).

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) selalu berusaha menambah kapasitas seat KA di saat peak season sehingga dapat mendorong meningkatnya wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata. Moda transportasi KA yang dikelola oleh perusahaan BUMN ini selalu mengalami lonjakan penumpang di saat musim liburan hari raya Lebaran, Natal dan Tahun Baru, libur panjang sekolah, maupun long weekend.

"Bila ada kenaikan harga, kemungkinan harga yang akan naik, sesuai hukum ekonomi tentu tidak akan terelakkan ketika demandnya memang tinggi. Namun ada regulasi yang mengatur agar kenaikan harga tersebut masih dalam tahap kewajaran," tambah Sandiaga.

"Berwisata dengan menggunakan kendaraan pribadi menjadi salah satu solusi dalam menghadapi kendala berwisata akibat melonjaknya harga tiket pesawat. Berwisata bersama keluarga dengan menggunakan kendaraan pribadi belakangan ini menjadi tren sekaligus sebagai adaptasi di era kebiasaan baru (new era) pasca pandemi," tutupnya.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya juga angkat bicara mengenai tiket pesawat yang meresahkan. Bahkan Presiden Jokowi sampai memerintahkan Menhub untuk menurunkan harga tiket pesawat. Solusi yang ditawarkan Kemenhub Budi karya yaitu menggandeng pemerintah provinsi untuk memberikan bantuan subsidi.

Menteri BUMN Erick Thohir pun juga berkoordinasi intens dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk mengatasi permasalahan ini.

"Kemarin saat Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022 di Istana Negara, Bapak Presiden secara tegas meminta agar harga tiket pesawat dapat distabilkan karena ini penting dampaknya bagi pengendalian inflasi kita," ujar Erick di Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Kementerian BUMN pun segera bergerak cepat untuk menyiapkan formula dalam menstabilkan harga tiket pesawat. Erick mengaku telah meminta PT Garuda Indonesia (Persero) melakukan sejumlah langkah seperti penambahan frekuensi penerbangan guna memenuhi peningkatan permintaan pengguna jasa pesawat.



Simak Video "Siap-siap Harga Tiket Pesawat Bakalan Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA