Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 24 Agu 2022 19:43 WIB

TRAVEL NEWS

Sungai Texas Mengering, Jejak Kaki Dinosaurus Berusia 113 Juta Tahun Muncul Lagi

Putu Intan
detikTravel
Austin -

Fenomena sungai mengering di dunia membuat sejumlah benda purba kembali terlihat. Salah satunya jejak kaki dinosaurus yang tampak di Texas tengah.

Berdasarkan foto yang beredar, tampak dengan jelas adanya jejak-jejak kaki dinosaurus berukuran besar. Jejak-jejak kaki ini merupakan milik acrocanthosaurus yang masih kerabat T-rex.

Jejak kaki dinosaurus itu terakhir terlihat pada tahun 2000. Sejak itu mereka tak tampak lagi karena berada di bawah air dan tertutup beberapa lapisan sedimen.

Lokasi penemuan yakni di Lembah Dinosaurus Taman Negara Bagian Texas adalah salah satu dari beberapa yang paling terpelihara di dunia. Hal itu dikemukakan pengawas taman Jeff Davis yang dilansir dari BBC, Rabu (24/8/2022).

Menurut Monitor Kekeringan Amerika Serikat, saat ini hampir seluruh wilayah Texas dilanda kekeringan. Minggu lalu, lebih dari 87 persen negara bagian AS mengalami kekeringan terparah.

Sungai yang ada di Taman Texas juga mengering hampir seluruhnya sampai jejak-jejak kaki dinosaurus kembali terlihat. Keringnya sungai ini karena musim panas dan suhu panas yang berlangsung terus-menerus.

Sementara itu Inspektur Davis mengatakan trek yang baru-baru ini terekspos disebut sebagai Lone ranger trackway. Ini merupakan milik satu acrocanthosaurus, yang berjalan di jalur sepanjang sekitar 30 meter. Diperkirakan ada total 140 jejak dari jenis dinosaurus yang satu ini, dengan sekitar 60 diantaranya sekarang terlihat.

Acrocanthosaurus adalah therapoda, "dinosaurus berjari tiga yang khas", kata Davis. Jika berdiri, tingginya mencapai sekitar 15 kaki (4,5 meter) dan beratnya sekitar 7 ton.

Dinosaurus ini kemungkinan memangsa sauroposeidon, spesies lain yang jejaknya juga ditemukan di taman negara bagian. Sauroposeidon berdiri setinggi 60 kaki (18 meter) dengan leher panjang dan beratnya sekitar 44 ton saat dewasa.

(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA