Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 28 Agu 2022 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Populasi Babi Hutan Membeludak, Polisi Spanyol Sampai Turun Tangan

Babi Hutan
Foto: Ilustrasi Babi Hutan (AP)
Barcelona -

Populasi babi hutan di Spanyol saat ini tengah menggila. Banyaknya babi hutan membuat kepolisian Spanyol sampai harus turun tangan untuk menangkap mereka.

Tak cuma ditangkap saja, babi-babi hutan itu juga ditembak agar populasinya tetap terkendali. Membludaknya jumlah babi hutan di Spanyol tidak ada efek positifnya, justru malah menambah masalah baru.

Babi hutan itu ternyata mampu menyerang dan melukai manusia. Sudah ada satu korban terluka akibat serangan babi hutan. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit di kota Cadaques, di sebelah timur laut Barcelona.

Bahkan penyanyi terkenal kelas dunia, Shakira mengaku pernah menjadi korban serangan babi hutan. Shakira dan anaknya diserang babi hutan saat sedang berada di Barcelona Park.

Carlos Conajero, dokter hewan yang bertanggung jawab dalam kontrol populasi babi hutan di Spanyol menyatakan, binatang tersebut telah kehilangan insting alaminya.

"Kami harus membunuh mereka. Kami tidak bisa melepaskan mereka kembali ke alam karena mereka telah kehilangan insting hewan liarnya," ujar Conojero kepada Reuters, seperti dikutip, Minggu (28/8/2022).

Babi-babi hutan itu kehilangan insting alaminya karena selama pandemi, warga Spanyol rupanya memberikan makan kepada kawanan babi liar tersebut. Jadinya mereka sudah terbiasa diberi makan, bukan mencari makan sendiri.

Mereka bahkan sudah terbiasa mengorek-ngorek tempat sampah hanya demi mendapatkan makanan, alih-alih mencari makan sendiri di hutan.

"Masalahnya adalah, ketika mereka berhenti jadi hewan liar, mereka akan berkerumun sama seperti kucing," ujar Alex (40), salah satu warga Barcelona.

Institut Riset Hewan Buruan di Spanyol memperkirakan saat ini ada kurang lebih 2 juta ekor babi hutan di Spanyol. Jumlahnya bisa bertambah pesat tahun depan.



Simak Video "Memasang Umpan untuk Babi Hutan, Banten"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA