Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 28 Agu 2022 19:40 WIB

TRAVEL NEWS

Jerman Punya Nih! Kereta Bertenaga Hidrogen Pertama di Dunia

Syanti Mustika
detikTravel
Coradia iLint, kereta hidrogen dari Jerman
Foto: Kereta berbahan bakar hidrogen di Jerman (dok Alstom)
Jakarta -

Perjalanan ramah lingkungan sepertinya semakin menjadi poin menarik dalam pengembangan transportasi. Jerman memulai langkah dengan kereta bertenaga hidrogen.

Seperti yang diberitakan CNN, Minggu (28/8/2022) Jerman memperkenalkan jalur kereta tenaga hidrogennya pada hari Rabu (24/8). Sebanyak 14 kereta akan melaju di rute di Bremervörde, Lower Saxony.

Kereta ini merupakan hasil kerjasama anak perusahaan negara Landesnahverkehrsgesellschaft Niedersachsen (LVNG), pemilik kereta api, dan Alstom, pembangun kereta api Coradia iLint. Perusahaan Kereta Api dan Transportasi Elbe-Weser (EVB) yang akan mengoperasikan kereta api dan perusahaan gas dan teknik Linde, juga merupakan bagian dari proyek tersebut.

Dari 14 kereta, 5 kereta memulai debutnya pada saat peluncuran. Secara bertahap kereta ini akan menggantikan 15 kereta diesel yang saat ini berjalan di rute tersebut. Rencananya 14 kereta berjalan secara eksklusif pada akhir tahun.

Coradia iLint, kereta hidrogen dari JermanCoradia iLint, kereta hidrogen dari Jerman Foto: (dok Alstom)

Kereta bebas emisi dan kebisingan rendah hanya mengeluarkan uap dan air kental yang keluar dari knalpot. Sebagai perbandingan bahan bakarnya, 1 kg hidrogen setara dengan 4,5 liter bahan bakar diesel.

Kereta memiliki jangkauan 1.000 kilometer (621 mil) yang berarti dapat berjalan sepanjang hari di rute dengan satu tangki hidrogen. Sekarang stasiun pengisian hidrogen telah didirikan di rute tersebut.

Kereta dapat melaju dengan kecepatan maksimum 140 kpj, atau 87 mph, walau kecepatan ini berbanding sedikit dengan kereta reguler antara 80-120 kpj.

"Mobilitas bebas emisi adalah salah satu tujuan terpenting untuk memastikan masa depan yang berkelanjutan," kata Henri Poupart-Lafarge, CEO Alstom.

Kesepakatan untuk mengembangkan kereta ini telah dibuat selama satu dekade. LVNG telah mencari alternatif diesel sejak 2012. Alstom pun pada 2018 telah menjalankan uji coba kereta selama dua tahun.

Jerman saat ini memiliki sekitar 4.000 kereta diesel di jalur non-listriknya. Coradia iLint juga telah diuji di Austria, Polandia, Swedia dan Belanda. Stasiun pengisian bahan bakar yang dijalankan oleh Linde memiliki 64 tangki penyimpanan bertekanan tinggi, enam kompresor hidrogen, dan dua pompa bahan bakar.

Presiden Lower Saxony, Stephan Weil menyebut kereta itu sebagai model untuk seluruh dunia dan tonggak sejarah menuju netralitas iklim di sektor transportasi.

Tujuan kereta hidrogen berikutnya adalah Frankfurt, di mana 27 di antaranya telah dipesan untuk wilayah metropolitan. Mereka juga akan berhenti di Italia, di mana enam kereta telah ditugaskan untuk digunakan di wilayah Lombardy utara. Dan di Prancis, 12 kereta akan digunakan bersama di empat wilayah.



Simak Video "Balai Yasa Manggarai Pensiunkan 209 Gerbong Kereta di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA